Mohon tunggu...
Shinta Januari
Shinta Januari Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Kuliah Online Gratis di Luar Negeri

28 Desember 2015   15:37 Diperbarui: 28 Desember 2015   15:58 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aslm,

Halo blogers, kali ini saya ingin menulis salah satu aktivitas saya dirumah yaitu kursus online gratis luar negeri bersertifikat, alias MOOC (Massive Open Online Course). Banyak sekali kursus-kursus yang dapat kita ambil tanpa harus mengeluarkan uang, dari universitas bergengsi, menambah ilmu dan bersertifikat pula. Selain itu menurut saya bisa sekalian memperlancar bahasa inggris. beberapa situs yang menyediakan kursus online tersebut yaitu :

 

  • Udacity

Udacity merupakan organisasi pendidikan privat yang didirikan oleh Sebastian Thrun, David Stavens dan Mike Sokolsky, bertujuan untuk mendemokrasikan pendidikan. Pada udacity ini lebih kearah ITuntuk jurusan-jurusannya.

  •  Coursera

Adalah situs yang bekerjasama dengan universitas-universitas ternama di dunia. Disini kita dapat memperoleh sertifikat, cari saja yang tulisannya free karena sekarang materi-materi kursus coursera lebih banyak yang berbayar menurut saya. Namun jangan takut, kalau kita tidak ingin yang bayar maka tidak apa-apa bila ingin mempelajari materi tersebut.Nanti akan diberikan sertifikat statement of accomplishment. Bagi yang mengikuti coursera ini dinamakana Courserian.

  •  EDX

Sama dengan coursera, EDX juga bekerja sama dengan banyak universitas di luar negri. Bedanya dengan coursera menurut saya ada di jenis dan bentuk sertifikat, kalau di EDX ada 2 jenis sertifikat yaitu verified dan honour of code.

  • Udemy

Belajar di Udemy, selain bisa memperoleh materi kita juga berkesempatan untuk dapat mengisi materi namun pastinya dengan syarat-syarat tertentu dan materi kita pun dapat memperoleh pendapatan atas hasil orang-orang yang mengikuti materi tersebut. Ingin menjadi pengisi materinya? cobain aja udemy ini.

  •  Alison

Belajar di Alison, menurut pengalaman saya cukup bagus dan lumayan. Saya sendiri merasa mendapatkan ilmu. Di Alison ini kita dapat memilih subject materi yang diinginkan, Di alison selain ada materi juga ada testnya, kita bisa retake berkali-kali bila masih belum mencapai target. Bila sudah, maka kita akan memperoleh peluang memiliki sertifikat, namun sertifikatnya berbayar. Jangan takut, kita tetap dapat belajar di Alison tanpa harus menebus sertifikat. Lumayan bukan nambah ilmu dan memperlancar bahasa inggris kita. 

 

Sebenarnya masih ada banyak sekali situs-situs sejenis ini, ada kuliahkita.com, Khanacademy, Memrise, Lessonpath, Open Yale Courses, BBC podcast dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat ya.

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun