Mohon tunggu...
Shifdza AfiyZakkiya
Shifdza AfiyZakkiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/IPB University

Mahasiswa Biologi, IPB University

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Tim KKN-T IPB, Unida, Umpo Mengusung Program Integrasi 3P di Desa Ngadirojo

6 September 2022   00:15 Diperbarui: 6 September 2022   00:52 78 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penerimaan mahasiswa KKN-T oleh Kepala Desa Ngadirojo (Foto: Dokpri)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan mahasiswa untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berupa Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Program Kuliah Kerja Nyata berbasis Tematik (KKN-T) kolaboratif oleh Institut Pertanian Bogor, Universitas Darussalam Gontor, dan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dilaksanakan di Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur mulai tanggal 20 Juni hingga 31 Juli 2022. Desa Ngadirojo merupakan desa yang memiliki potensi pertanian, peternakan, dan pariwisata. Kegiatan KKN-T kolaboratif ini mengangkat topik utama integrasi dari ketiga sektor tersebut (Integrasi 3P)  melalui 5 program kerja. Penyusunan program kerja didasarkan pada potensi, kebutuhan, serta permasalahan yang terdapat di desa.

Program-program yang telah terlaksana antara lain:

  1. Sosialisasi Budidaya Pertanian Organik, program ini berupa kegiatan pemaparan materi terkait proses budidaya pertanian organik serta pengolahan tanah. 

  1. Sosialisasi Pembuatan Pakan Fermentasi dan Pupuk Kandang, Program ini berupa kegiatan sosialisasi kepada peternak tentang cara membuat pakan fermentasi dan mengolah kotoran hewan ternak menjadi pupuk kandang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk integrasi pertanian dan peternakan. Limbah dari tanaman dimanfaatkan sebagai pakan ternak, sedangkan kotoran hewan ternak dimanfaatkan untuk pupuk tanaman, sehingga pola ini juga sering disebut pola peternakan tanpa limbah. Tujuan sistem integrasi tanaman–ternak adalah untuk pemanfaatan lahan secara optimal serta sebagai salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pendapatan petani. 

    Sosialisasi pembuatan pakan fermentasi (Foto: Dokpri)
    Sosialisasi pembuatan pakan fermentasi (Foto: Dokpri)

  2. Sosialisasi Digitani, Program ini berupa sosialisasi memperkenalkan Aplikasi konsultasi yang mudah bagi para petani, peternak maupun masyarakat yang ada.

  3. Penanaman dan Penataan Tanaman Hias di Area Tempat Wisata , Program ini berupa kegiatan menanam bibit pohon sebagai   pohon pengarah serta menambah nilai estetika dan menambahkan petunjuk arah (signage) pada jalan  menuju ke arah Gunung Bedes dan sekitar Waduk Bendo.

    Penanaman tanaman hias di area wisata Gunung Bedes bersama karang taruna Manunggal Mulia (Foto: Dokpri)
    Penanaman tanaman hias di area wisata Gunung Bedes bersama karang taruna Manunggal Mulia (Foto: Dokpri)
  4. Pengolahan media tanah dan penanaman benih dari IPB, program ini bertujuan  mendapatkan jenis tanaman yang cocok dengan lingkungan di desa Ngadirojo

(Rabu, 27/7/2022) Hasil dan evaluasi terhadap pelaksanaan program kerja disampaikan pada kegiatan lokakarya 2, kegiatan ini bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sooko. 

Ucapan terima kasih camat Kecamatan Sooko, Nur Huda Rifai, S.Stp. M.Si. kepada mahasiswa KKN-T IPB, Unida, dan Umpo “Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada mahasiswa IPB, Unida, dan Umpo yang 1 bulan lebih sudah melaksanakan KKN di Sooko. Mudah-mudahan kegiatan yang telah dilaksanakan mahasiswa bisa dilanjutkan oleh masyarakat dan bermanfaat, serta bagi mahasiswa semoga bisa mendapatkan pelajaran selama pengabdian di masyarakat”, ujarnya pada acara lokakarya 2 KKN-T Kolaboratif IPB, Unida, Umpo 2022. Melalui program KKN-T ini diharapkan juga dapat  menumbuhkan rasa kepedulian sosial dan membantu meningkatkan keterampilan serta pengetahuan masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan