Mohon tunggu...
Shifa Az Zahra
Shifa Az Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa semester 4 jurusan Ilmu Komunikasi dengan fokus di jurnalistik.

Merupakan seorang mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Keunikan dan Keativitas di Citayem Fashion Week

4 Agustus 2022   19:08 Diperbarui: 5 Agustus 2022   08:50 83 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Awal mulanya, Citayam Fashion Week atau CFW ini dikenal dari sebuah video yang diunggah lewat aplikasi sosial media TikTok oleh salah satu content creator. Citayam Fashion Week ini berlokasi di daerah Sudirman, Jakarta Pusat.

Lokasi tersebut, khususnya ruang publik di sekitar stasiun BNI City, Stasiun Sudirman, dan Stasiun MRT Dukuh atas ini ramai oleh anak-anak yang nongkrong di daerah tersebut. Mereka sering diwawancarai oleh kreator di TikTok dan dibahas seputar outfit yang mereka pakai.

Kebanyakan dari mereka yang datang ialah dari daerah Depok, Citayam, Bojong Gede, Bekasi, dan wilayah pinggiran Jakarta lainnya. Tujuan mereka datang ke kawasan Sudirman tidak hanya untuk sekadar main dengan memakai fashion yang unik untuk mengekspresikan selera fashion mereka, namun ada juga yang ingin mencari pasangan disana.

Setelah konten video tersebut viral, netizen meramaikan istilah 'Citayam Fashion Week' karena banyak sekali anak remaja yang nongkrong dengan memakai gaya fashionnya yang dikatakan unik. Hal tersebut menjadi buah bibir netizen sampai sekarang ini, ada banyak komentar yang pro dan kontra mengenai Citayam Fashion Week yang viral ini.

Banyak juga netizen yang menjulukinya dengan istilah daerah SCBD (Sudirman-Citayam-Bojong-Depok). Dua ikon dari istlah Citayam Fashion Week ini yaitu Jeje Slebew dan Bonge. Mereka berdua menjadi terkenal di sosial media karena Citayam Fashion Week ini. 

Selain mereka, beberapa remaja yang dikenal oleh beberapa netizen yaitu Roy, Kurma, dan Mamih. Mereka semua menjadi terkenal dan tidak sedikit creator yang mengajak kolaborasi untuk ditampilkan di kontennya.

Mulanya, Citayam Fashion Week ini dibully oleh beberapa netizen, namun sekarang banyak yang mendukung dan penasaran dengan tempat tersebut. Setelah viralnya Citayam Fashion Week ini, yang meramaikan daerah Sudirman sekarang tidak hanya anak-anak remaja yang biasa nongkrong di tempat tersebut. 

Semakin ramai orang yang berdatangan untuk melihat dan mengetahui, bahkan artis-artis dan model terkenal pun mengunjungi Citayam Fashion Week.Tempat tersebut telah menjadi ajang unjuk bakat fashion dari berbagai kalangan yang datang, tidak hanya diisi oleh remaja yang biasanya datang ke tempat itu.

Selain outfit anak-anak Citayam yang unik itu, semakin banyak orang yang berdatangan dari berbagai kalangan dan daerah untuk memakai dan menampilkan kostum yang unik, bahkan ada yang memiliki konsep outfit sendiri untuk menghadiri Citayam Fashion Week tersebut seperti memakai gaun pesta, memakai pakaian adat Betawi, pakaian tari daerah lainnya, dan mereka menampilkan hal tersebut di Citayam Fashion Week.

Lalu, mereka mengadakan unjuk bakat fashion nya itu di zebra cross di depan outlet Kopi Janji Jiwa, hal tersebut dikatakan mengganggu pengguna jalan yang lewat dan juga dapat membahayakan mereka. Sehingga, saat ini penggunaan zebra cross yang kemarin dipakai untuk catwalk, tidak diperbolehkan lagi.

Selain unjuk bakat fashion nya tersebut, banyak juga kreativitas lainnya yang ditampilkan di Citayam Fashion Week ini, seperti memainkan marching band lengkap memakai kostumnya, ada juga yang memperlihatkan silat Betawi, melakukan acting di tempat tersebut, dan menarikan tarian daerah lengkap dengan kostumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan