Mohon tunggu...
Sherrynta Distya
Sherrynta Distya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sherrynta Distya

@sherryntadps

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Ternyata Ini Penyebab Umum Orang Mengalami Insecurity

29 September 2021   10:25 Diperbarui: 29 September 2021   11:00 33 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ternyata Ini Penyebab Umum Orang Mengalami Insecurity
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sherrynta Distya Putri Sukmana

 202110230311075

Sangat normal untuk merasa cemas dan takut dari waktu ke waktu, tetapi apakah Anda mengalami perasaan ini sepanjang waktu? Perasaan ini mungkin menunjukkan bahwa Anda merasa tidak aman atau biasa disebut dengan insecure. 

Menurut Abraham Maslow, ketidakamanan atau insecure adalah keadaan di mana seseorang yang merasa tidak aman menganggap dunia sebagai hutan yang mengancam dan kebanyakan orang berbahaya dan egois. 

Orang yang mengalami ketidakamanan umumnya merasa ditolak dan terisolasi, cemas, pesimis, tidak bahagia, bersalah, tidak aman, egois, dan cenderung neurotik. Anda akan mencoba untuk mendapatkan kembali rasa aman dalam beberapa cara.

Menurut psikolog klinis Melanie Greenberg, Ph.D., ada 3 penyebab umum terjadinya insecurity, yaitu:

Pertama, ketidakpastian karena kegagalan atau penolakan baru-baru ini. Menurut penelitian tentang kebahagiaan, peristiwa baru-baru ini memiliki dampak besar pada suasana hati dan citra diri kita. Karena ketidakpuasan mempengaruhi harga diri, kegagalan dan penolakan dapat berdampak ganda pada kepercayaan diri.

Kedua, tidak aman karena kecemasan sosial. Perasaan takut dihakimi oleh orang lain bisa mengakibatkan kecemasan, yang di gilirannya membentuk mereka menghindari situasi sosial sebab merasa tak nyaman. Jenis rasa tidak aman atau tidak safety ini biasanya berdasarkan pada keyakinan yang menyimpang perihal harga diri anda.

Terakhir, insecurity yang didorong sang perfeksionisme. Beberapa orang mempunyai baku yang sangat tinggi buat seluruh yang mereka lakukan. Sayangnya, hidup tak selalu berjalan mirip yang anda inginkan.bila anda kecewa serta menyalahkan diri sendiri sebab tak tepat, anda akan merasa tak nyaman dan tak layak.

Rata-rata semua manusia pernah merasa insecurity, tetapi lebih baik lagi jika kita dapat mengatasi rasa insecure tersebut, karena hal itu hanya akan menguras pikiran, tenaga, dan waktu kita tanpa usaha yang ada. Berikut hal yang bisa kita lakukan untuk memperkecil insecurities :

Fokus pada langkah kecil. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan