Mohon tunggu...
Sherina Nurul Kautsar
Sherina Nurul Kautsar Mohon Tunggu... Lainnya - Sherina

Semangat

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Dampak Covid-19 terhadap E-Wallet

25 Januari 2021   17:25 Diperbarui: 25 Januari 2021   17:32 750
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

DAMPAK COVID-19  TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN E-WALLET 

Negara China merupakan awal mula adanya virus covid-19,  yang mulai ada di akhir tahun 2019 . Mengakibatkan wabah penyakit menyerang secara lokal pada akhir bulan Januari 2020. Kemudian menyebar ke seluruh dunia.(Muhyiddin, 2020). Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena dampak virus covid-19. Dampak covid-19 mulai meresahkan masyarakat Indonesia, tidak hanya kesehatan saja tetapi krisis ekonomi  juga menjadi masalah terbesar selama masa pandemi.

Salah satu usaha yang dilakukan  pemerintah untuk menekankan penyebaran virus ini yaitu mulai menerapkan kebijakan maupun himbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan PSBB mulai dari kegiatan aktivitas masyarakat seperti meliburkan sekolahan dan tempat pekerjaan , pembatasan untuk melakukan kegiatan dan keagamaan, pembatasan kegiatan ditempat umum. Kegiatan dan beraktivitas hanya dilakukan dirumah saja (work from home). Serta keluar rumah jika hanya ada keperluan mendesak. Ketika berada diluar rumah masyarakat diterapkan sistem social and physical distancing (menjaga jarak aman antar individu dan menghindari keramaian).(Maimunah, 2020).

Selama masa PSBB berlangsung perilaku kegiatan masyarakat banyak berubah. Selama pandemi terjadi banyak perubahan, hampir semua aktivitas terhambat. Sehingga masyarakat harus ada perubahan dan terbiasa agar bisa adaptasi dengan kondisi saat ini.  Untuk menerapkan physical distancing, masyarakat beralih menjadi pengguna serba digital termasuk dalam bertransaksi. Masyarakat saat ini memilih beralih menjadi pengguna  E-Wallet dalam bertransaksi belanja dan jasa online.

E-Wallet dapat menjadi sebuah solusi yang bagus , banyak munculnya perusahaan startup dan merchant  yang mengembangkan teknologi berbisnis online dan menciptakan sistem e-wallet. Dengan terciptanya sebuah aplikasi, yang didalamnya terdapat banyak fitur layanan barang atau jasa. E-Wallet atau dompet digital menjadi pengganti fungsi dompet yang biasa kita pakai ke dalam suatu program aplikasi dan menggantikan kebutuhan masyarakat dalam penggunaan banyak kartu kedalam dompet digital, tanpa menggunakan uang cash atau tunai . E-Wallet juga terdapat beberapa fitur untuk keamanan yang terdapat didalam dompet biasa kita gunakan untuk sehari-hari. Seperti, ojek online, membeli makanan tanpa menggunakan uang cash, transfer antar dompet digital, membayar listrik, air, dan pulsa. E-Wallet memungkinkan penggunanya untuk melacak informasi tagihan dan pengiriman sehingga transaksi menjadi lebih cepat dan aman.(Muhyiddin, 2020).

E-Wallet merupakan tren masa kini yang sangat digemari oleh kalangan milenial. E-Wallet (dompet digital)  merupakan teknologi terbaru yang digunakan untuk penyimpanan uang, layanan  program yang berguna untuk menyimpan dan menginformasi belanja online seorang pengguna, seperti informasi login, alamat pengiriman pembeli, dan informasi kartu kredit pengguna, password  QRcode,. Informasi pengguna itu akan tersimpan didalam suatu tempat  dengan sistem yang cukup aman.


            Berikut merupakan contoh dari dompet digital yang diciptakan oleh startup dan bekerjasama dengan merchant dan dompet digital lainya yang sering digunakan masyarakat Indonesia untuk kehidupan sehari-hari :

  • GoPay
  • GoPay sebagai dompet digital yang berfungsi untuk melakukan  sebuah transaksi pembayaran yang berkaitan dengan Gojek dan berbagai merchant. Seperti Go-Read (ojek motor), Go-Car(ojek mobil), Go-Food (layanan pesan antar makanan), Go-Box (layanan pengiriman barang dalam jumlah besar) dan lain sebagainya. Bukan hanya di   Dengan saldo yang mencukupi kalian bisa membayarnya dengan GoPay. GoPay juga dapat digunakan untuk pembayaran toko online dan toko offline.
  • OVO
  • OVO merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan fitur layanan dan transaksi online. OVO bisa digunakan untuk mentransfer, bisa berbelanja dengan menggunakan OVO di berbagai merchant yang sudah bekerjasama, memudahkan dalam bertransaksi dan melakukan pembayaran di merchant-merchant.
  • DANA
  • DANA adalah sebuah dompet digital yang dapat digunakan untuk pembayaran apa saja. Misalnya, membayar listrik, membayar air, pulsa, lain sebagainya. DANA juga bisa melakukan transaksi offline di sebuah mall atau restoran yang sudah bekerjasama. Maskarakat cukup menggunakan smartphone dengan saldo yang mencukupi melakukan pembayaran tapa uang cash atau uang tunai.
  •  LinkAja
  • LinkAja yaitu pelayanan digital untuk memenuhi kebutuhan pembayaran nontunai yang mudah, cepat, dan aman. Di dalam aplikasi LinkAja terdapat fitur yaitu, berbelanja online, PDAM, Telkom, Pulsa, membayar tagihan istrik, isi pulsa, isi kuota data, vocher game , pembayaran transportasi seperti pesawat dan kereta dan transfer ke sesama LinkAaja maupun ke bank lain.
  • Sakuku
  • Sakuku adalah uang elektronik atau dompet digital yang diciptakan oleh Bank BCA  yang dapat digunakan melalui nomer telepon atau rekening. Transaksi yang dapat dilakukan oleh nasabah permintaan isi pulsa, paket data, pemyaranan belanja yang terdapat dalam fitur Sakuku baik merchant, transfer sakuku, transfer BCA dan Tarik tunai di ATM BCA.
  • JakOne Mobile
  • JakOne mobile yaitu gabungan antara  JakOne Pay dengan mobile banking yang dapat memudahkan masyarakat untuk membayar transaksi perbankan, pembayaran, pembelian dan  belanja didalam merchant JakOne Mobile dengan menggunakan  QR code. Berfungsi juga unutuk membuka rekening Bank DKI melalui JakOne Mobile.
  • Doku
  • Doku E-Wallet adalah penyimpanan uang dalam bentuk dompet digital yang dapat memudahkan pengguna untuk membayar tagihan bulanan, transfer ke sesame doku, mengisi pulsa, membeli paket data, membayar cicilan motor, dsb.
  • ShoopePay
  • ShoopePay yaitu layanan uang elektronik untuk melakukan pembayaran online diplatfrom Shoope, pembayaran offline di merchant Shoope, transfer saldo Shoope .
  • i.saku
  • i.saku sebuah aplikasi yang diberikan izin oleh Bank Indonesia. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengisi saldo, tarik saldo, transfer, dan membayar merchant.

Diatas merupakan aplikasi dompet digital yang kita bisa gunakan yang menjadikan E-Wallet pilihan yang tepat untuk melakukan transaksi. Untuk fitur kegunaanya di setiap aplikasi meskipun  memiliki beberapa fungsi yang sama. Tetapi, masih mempunyai keunggulan masing-masing. Di dalam penggunaanya E-Wallet sendiri terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan dari E-Wallet :

  • Memberikan kemudahan
  • E-Wallet memberikan kemudahan untuk setiap orang dalam transaksi hanya dengan menggunakan Smartphone, tanpa harus membawa uang dengan dompet yang tebal, kartu kredit, atau mengantri untuk mengambil uang di ATM.

  • Memberikan rasa nyaman dan aman
  • Tidak perlu bepergian untuk keluar rumah, dengan E-Wallet kita bisa berbelanja atau membayar tagihan dimanapun dan kapanpun untuk menghemat waktu.

  • Mempermudah untuk mengetahui informasi transaksi
  • Dengan E-Wallet kita mengetahui dengan detail keuangan yang tersimpan dengan adanya Riwayat transaksi.
  • Banyak promo menarik
  • Terdapat banyak promo yangsangat meguntungkan bagi pengguna E-Wallet, yaitu cashback, mendapatkan diskon dan penambahan poin.

Kelemahan dari E-Wallet :

  • Dengan layanan terbatas
  • Dompet digital dapat digunakan hanya jika suatu merchant sudah bekerja sama dengan suatu pendiri E-Wallet.
  •  Tidak dapat di uangkan
  • E-wallet tidak dapat dicairkan dengan uang kertas.

Transaksi digital memudahkan masyarakat dimasa pandemi ini. Penggunaan E-Wallet bisa menjadi alternatif karena lebih aman dan praktis, serta sesuai dengan protocol kesahatan, sehingga beresiko kecil dalam penyebaran covid-19. Masyarakat tetap dapat bertransaksi dengan mudah tanpa harus bepergian keluar rumah dengan rasa khawatir, tidak dapat berkontak secara langsung dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan menghindari penggunaan uang tunai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun