Kegiatan magang merupakan proses penerapan ilmu dan keterampilan dari dunia pendidikan ke dunia kerja agar peserta magang dapat memahami sistem kerja dunia kerja yang sebenarnya. Perusahaan atau penyedia berhak untuk menggunakan peserta magang sebaik mungkin sepanjang berkaitan dengan ruang lingkup magang. Magang merupakan salah satu bentuk pemberian kuliah melalui kegiatan kerja sosial secara langsung. Magang ini merupakan kegiatan hands-on bagi mahasiswa yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dari kegiatan tersebut, yang dapat digunakan untuk pengembangan profesional selanjutnya.Â
Pos Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang menyediakan layanan pos. Saat ini, badan hukum Pos Indonesia adalah perseroan terbatas, sering disebut sebagai PT. Pos Indonesia. Bentuk usaha Pos Indonesia ini berdasarkan Keputusan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995. Keputusan pemerintah tersebut termasuk mengubah bentuk asli Pos Indonesia dari perusahaan publik (perum) menjadi perusahaan milik negara.
Berikut yang dilakukan pada saat magang di PT. Pos Indonesia Analisis biaya pemasaran pada SBU PT POS INDONESIA Simpan Pinjam. Artinya, segala persiapan yang diperlukan untuk kegiatan operasional, biaya sosialisasi, yaitu biaya kegiatan sosialisasi saat memproduksi produk baru yang harus disosialisasikan Taspen dan Asabri di setiap posko. Kemudian ada biaya pelatihan yang digunakan untuk mendanai kegiatan pelatihan di semua kantor pos untuk memahami alur proses yang disosialisasikan. Kemudian ada biaya iklan final yang digunakan untuk kegiatan periklanan seperti pembuatan spanduk, neon box, dll. Biaya pembuatan kartu pintar menggunakan biaya pemasaran.