Mohon tunggu...
Shelvira Alyya Putri Anjani
Shelvira Alyya Putri Anjani Mohon Tunggu... Mahasiswi

Film dan Televisi UPI 2019

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pembeli Cenderung Menurun, Revitalisasi Pasar Cihapit Dirasakan Tidak Berjalan dengan Semestinya

12 April 2021   01:04 Diperbarui: 12 April 2021   01:13 37 1 1 Mohon Tunggu...

(12/4) BANDUNG- Pasar Cihapit merupakan salah satu pasar tradisional yang masih bergerak di tengah hiruk pikuk tengah perkotaan, tentunya Pasar Cihapit memiliki kemasan yang cukup berbeda dari pasar pada umumnya, hal ini juga berkaitan dengan langkah pemerintah agar bisa memberdayakan Pasar Tradisional ditengah perkembangan modernitas. 

Sayangnya, langkah tersebut belum sepenuhnya dirasakan manfaatnya oleh pedagang, salah satunya adalah pak Agus, salah satu pedagang kelapa yang berada di Pasar Cihapit. Beliau berpendapat bahwa banyak pengunjung yang enggan untuk masuk kedalam pasar, pengunjung atau pembeli merasa lebih mudah menjangkau pedagang yang berada diluar Gedung pasar, "seperti yang bapak katakan tadi, banyak yang awalnya buka didalam, sekarang tutup, karena pembelinya terus menurun" ucap pak Agus.

Namun, Pak Agus juga mengatakan bahwa bahan yang dijual di Pasar Cihapit dijual dengan kualitas baik, bahkan bisa disandingkan dengan kualitas di pasar modern atau swalayan, " jelas sih kalau menurut bapak, pasar ini termasuk barangnya bagus bagus, cuman karena kita ga pake freezer beda sama pasar swalayan, 3 hari masih bias seger, kalau sekarang ga habis, besok ya layu" (7/4). 

Selain itu memang dalam penataan ruang pasar jauh lebih baik karena Revitalisasi, seluruh tempat menjadi tertata, bersih dan cukup teratur, tetapi sebagai pedagang, Pa Agus merasa itu masih belum cukup. Revitalisasi juga masih belum cukup untuk meyakinkan pedagang pasar tradisional akan berkembangnya pasar modern atau swalayan, Pak Agus merasa terancam dengan perkembangan swalayan yang terus terjadi hingga ke daerah daerah yang rata rata penduduknya menengah kebawah.

Revitalisasi mungkin menggeser fasilitas ke arah yang lebih baik, sehingga stigma pasar yang kumuh dan bersih menjadi hilang, tetapi pedagang tetap memerlukan solusi lain agar pembeli tetap bisa berbelanja di Pasar Cihapit, sekalipun terjadi penurunan pembeli, kualitas komoditi di Pasar Cihapit tetap bertahan dengan kualitas terbaiknya. Semoga pasar Cihapit tidak pernah kehilangan kualitas akan komoditinya, sehingga pembeli dan pedagang tetap merasa saling membantu dan menguntungkan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x