Mohon tunggu...
Selly Ardiati
Selly Ardiati Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Teknik-teknik Fotografi

18 Oktober 2017   13:49 Diperbarui: 29 Oktober 2017   15:52 15044
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hasil gambar untuk gambar fotografi


Fotografi dari Bahasa inggris: Photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya, dan "Grafo" : Melukis/menulis, adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.

Teknik-teknik fotografi:

  • Zooming
    Zooming adalah sebuah Teknik yang membuat objek utama terlihat jelas, sementara background terlihat kabur. Teknik ini berfungsi untuk mempertegas objek dan membuatnya makin mencolok. Perubahan panjang fokus hanya dapat dilakukan dengan lensa zoom, gunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik untuk menghasilkan kesan gerak, sebaiknya pakailah tripod.
  • Teknik Panning
    Pada teknik ini objek yang bergerak akan terlihat tajam, sementara background yang diam justru terlihat kabur. Harus mengikuti objek ketika membidik, untuk mendapatkan foto secara maksimal: gunakan speed rendah (8-60) dan pakailah tripod.
  • Teknik Freezing
    Teknik ini merupakan teknik memotret benda bergerak yang menggunakan kecepatan sangat tinggi. Teknik ini seolah membekukan gerakan benda tersebut. Hasil dari teknik ini berupa objek yang terlihat tajam saat ia sedang bergerak.
  • Teknik Macro
    Teknik foto macro merupakan sebuah teknik memotret dalam jarak yang sangat dekat, sehingga objek terlihat sangat besar, teknik ini biasanya menggunakan teknik jenis macro.
  • Teknik Siluet
    Siluet artinya bayangan. Seperti sebutannya foto siluet hanya berupa bayangan. Siluet merupakan objek yang menutupi cahaya sehingga ia diterangi dari belakang secara total. Aturan dasar dari foto siluet adalah objek harus benar-benar terlihat hitam. Ini artinya tidak ada berkas cahaya pun yang menerobos masuk.
  • Teknik Bulb
    Kecepatan rana dapat diatur sesuai dengan waktu yang kita inginkan, dilakukan dengan menahan tombol pelepas rana dengan lebih lama, dapat digunakan kabel release dan tripod

Field of View
Field of view merupakan komposisi umum yang dilihat dari ukuran jarak lensa ke objek. Artinya sebuah objek dapat dipotret dengan jarak yang sangat dekat, dekat, jauh atau sangat jauh. Berikut ini jenis-jenis field of fiew yang umumnya digunakan.
1. Extreme Close Up
    Objek dipotret dengan jarak yang sangat-sangat dekat sehingga detail objek seperti tekstur atau kerut wajah terlihat jelas.
2. Head Shot
    Batasan foto ialah dari atas kepala hingga dagu.
3. Close up
    Objek dipotret dengan Batasan dari atas kepala hingga bahu.
4. Medium Close up
    Batasan foto dengan komposisi ini adalah dari atas kepala hingga dada.
5. Mid Shot
    Objek dipotret dengan batasan dari atas kepala hingga pinggang. Disebut juga dengan foto setengah badan.
6. Medium Shot
    Objek dipotret dengan batasan dari atas kepala hingga lutut. Foto ini juga disebut dengan foto tiga perempat badan.
7. Full Shot
    Objek pada komposisi ini dipotret dengan Batasan dari atas kepala hingga ujung kaki. Foto ini juga disebut dengan foto seluruh badan.
8. Long Shot
    Pemotretan diambil dengan jarak yang sangat jauh dari objek. Foto yang dihasilkan akan memiliki porsi background yang sangat banyak,             sementara objek utama terlihat kecil.

Sudut pengambilan gambar
Sudut pengambilan gambar merupakan cara pandang atau posisi kamera saat melakukan pemotretan. Terdapat tiga sudut pengambilan gambar yang dikenal secara umum.
1. Bird eye
    Bird eye merupakan sudut pengambilan gambar dimana posisi kamera berada diatas objek
2. Eye level
    Eye level merupakan sudut pandang normal yang memposisikan kamera sejajar dengan objek.
3. Frog Eye
    Frog eye merupakan sudut pengambilan gambar dimana posisi kamera berada dibawah objek.

Fotografi saat ini telah berkembang menjadi sebuah gaya hidup, hal ini dimulai semenjak munculnya era digital dan berkembangnya social media.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun