Mohon tunggu...
Shella Dewi
Shella Dewi Mohon Tunggu... Lainnya - K8_Medform

Media Informasi mengenai berita hoax

Selanjutnya

Tutup

Media

Waspada Berita "Hoaks" yang Merajalela Menyebabkan Masyarakat Resah

3 Desember 2021   17:49 Diperbarui: 3 Desember 2021   18:25 80 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Virus Covid-19 menyerang dan menyebar diseluruh dunia saat ini. Virus Covid-19 tidak dapat dikendalikan penyebarannya. Membuat kebijakan untuk penduduknya agar dapat terhindar dari Virus Covid-19 merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan penyebaran Virus Covid-19. Di Indonesia mewajibkan masyarakatnya untuk mematuhi protokol kesehatan dan membatasi kegiatan di luar rumah.

Virus Covid-19 di Indonesia memakan banyak korban jiwa, Pemerintah membatasi kegiatan masyarakat sehingga banyak yang kehilangan mata pencaharian. 

Pemerintah membuat kebijakan pembatasan wilayah, membatasi kegiatan di luar rumah dengan aturan jam malam, selalu menerapkan protokol kesehatan serta melakukan program vaksinasi secara menyeluruh untuk masyarakat Indonesia. Diharapkan dengan Vaksinasi Covid-19 penyebaran virus dapat diantisipasi penyebarannya karena masyarakat memilik kekebalan tubuh dengan adanya vaksinasi.

Penyebaran berita hoax mengenai vaksinasi covid-19 yang menyebabkan masyarakat takut untuk melakukan vaksinasi menjadi hambatan bagi pemerintah dalam menjalankan program vaksinasi nasional. 

Vaksinasi dapat menjaga imunitas tubuh sehingga sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pola pikir masyarakat menjadi salah terhadap adanya program vaksinasi akibat adanya berita hoax sehingga masyarakat menjadi resah. 

Dengan perkembangan teknologi yang pesat membuat berita hoax mudah menyebar dengan adanya media sosial. Vaksin covid-19 sebelum disebarkan harus melalui berbagai tahapan uji coba agar layak diberikan kepada masyarakat dan melakukan pemantauan terhadap pemberian vaksin pada masyarakat sehingga pemikiran masyarakat bahwa vaksin berbahaya adalah pemikiran yang salah.

Pengaruh Hoax :

1. Masyarakat menjadi tertipu,

2. Terlalu banyak percaya dengan berita hoax sehingga banyak waktu yang terbuang,

3. Menyebabkan khawatiran bagi pembaca berita tersebut,

4. Digunakan untuk pengalihan isu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Media Selengkapnya
Lihat Media Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan