Mohon tunggu...
shella muhammadidham
shella muhammadidham Mohon Tunggu... Pengalaman untuk di ingat di masa depan

Artikel ini, saya tulis sesuai dengan fakta dan pengalaman saya. Dimana, kita harus berbagi pengalaman kepada masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Pengalaman di Dunia Radio

24 Februari 2021   10:51 Diperbarui: 24 Februari 2021   10:55 32 1 0 Mohon Tunggu...


Radio merupakan salah satu media massa yang berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat yang dapat memberikan berbagai macam informasi, hiburan, dan Pendidikan. Radio sebagai media massa yang efektif dalam menyampaikan informasi, berbagai informasi bisa disampaikan dengan audio yang jelas dan dengan Bahasa yang mudah di pahami oleh para pendengar. Dengan berkembangnya zaman, radio juga mengalami perkembangan dimana pendengar bisa mendengarkan radio kapan saja dan dimana saja. Bahkan sekarang ini anak muda lebih menonjolkan diri di dunia radio dengan pembahasan yang unik, lucu, dan bahkan para pendengar bisa bercerita tentang masalah pribadi mereka melalui radio.

Awal mula saya bisa jadi seorang penyiar radio karena pada saat itu saya mendengar ada open recruitment di salah satu radio ternama di Medan yaitu radio 105.00 Kiss.fm. Saya mendapat panggilan untuk di interview dan saya di terima untuk menjadi seorang penyiar radio di salah satu program Kiss.fm yaitu AfterSchool. Dengan adanya program AfterSchool sangat membantu saya bisa berkarya dan melatih percaya diri,dan juga menghibur anak-anak lainnya yang ada di rumah. Saya hobi menampilkan suara saya untuk di dengar oleh orang lain dan saya juga di kenal oleh banyak orang. Tidak sulit untuk menjadi seorang penyiar radio, kalau kita punya hobi dan kemauan yang kuat. Untuk menjadi seorang penyiar radio saya di ajari untuk Latihan berbicara dengan aktualisasi yang jelas, anggap saja kita sedang berbicara dengan sesorang dan tidak boleh berbicara terlampau cepat atau terlampau lambat. Seorang penyiar harus memiliki wawasan yang luas, info-info terkini, kita bisa menjacari informasi dari berbagai sumber, blog, film, pergaulan, lingkungan sekitar dan yang terpenting kita harus proaktif guna memperkaya wawasan.

Dari siaran yang saya lakukan ini saya bisa belajar bagaimana sebelum melakukan siaran, penyiar harus menguasai intonasi dari naskah yang diberikan, supaya saat menyiar tidak gugup saat berbicara. Sebelum memulai siaran, penyiar dan narasumber perlu membahas terlebih dahulu topik yang ingin dibawakan sebelum acara untuk menghindari saling bertanya saat menyiar dan seorang penyiar tidak boleh ada dead air saat membawakan acara. Menjadi seorang penyiar harus memiliki sifat penyabar dan dengan cepat merubah suasana hati karena musuh utama penyiar radio yaitu tidak di dengar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x