Mohon tunggu...
SHARON ABIGAIL GILIA WATTIMURY
SHARON ABIGAIL GILIA WATTIMURY Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Baru Universitas Parahyangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Pengalaman Geladi Hominisasi

3 Desember 2022   18:30 Diperbarui: 3 Desember 2022   18:53 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pra Geladi

Untuk mengikuti kegiatan geladi Hominisasi, ada beberapa tugas yang perlu diselesaikan terlebih dahulu. Yang pertama, menyimak Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" 3 Stanza. Saya memilih syair :

 "Indonesia, tanah yang mulia, Tanah kita yang kaya, Di sanalah aku berdiri, Untuk s'lama-lamanya. Indonesia, tanah pusaka, P'saka kita semuanya, Marilah kita mendoa, Indonesia bahagia."

Menurut saya, syair dibagian ini menarik karena Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan banyak hal walaupun ada banyak orang tidak menyadarinya. Indonesia memiliki beragam budaya, tanah yang subur, dan juga mulia. 

Lalu yang kedua, kami menyimak satu film dokumenter dan menyebutkan tindakan konkret sebagai anak muda tentang mempertahankan budaya dan ketahanan pangan. Tentu saja kita sebagai orang Indonesia harus bangga dan harus bisa lebih mencintai produk lokal.

Hari-H

Pada saat hari-h, kita terbagi menjadi beberapa kelompok dan dikumpulkan di dalam beberapa break out rooms. Sebelumnya kita sudah mendapat berbagai topik, saya mendapatkan topik tentang "Hari Anak Sedunia". Di sana kita didorong untuk saling bekerja sama selama beberapa menit dan hasilnya akan dipresentasikan. Puji Tuhan, karena semua anggota kelompok saya mau bekerja sama dengan baik, kami terpilih menjadi kelompok terbaik dari break out rooms 4. Menurut saya, kelompok kami sudah melakukan yang terbaik dengan waktu yang cukup terbatas ini. 

Refleksi

Menurut saya, kegiatan geladi ini sangat seru dan inspiratif karena dengan acara yang tidak membosankan ini, para peserta bisa ikut belajar, mendapatkan pelajaran dan banyak hal barunya. Sebagai contoh, bisa mendapatkan teman baru yang awalnya bahkan tidak saling tahu dan kenal.


Kemampuan Menggunakan Logika dan Bahasa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun