Mohon tunggu...
Sharon Aprilia
Sharon Aprilia Mohon Tunggu... Tempat Menulis

Salam damai

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dilatih Lewat WikiLatih

14 November 2018   08:05 Diperbarui: 14 November 2018   08:59 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dilatih Lewat WikiLatih
sumber: wikimedia.org

YOGYAKARTA - Suasana kelas Jurnalisme Multimedia-B hari Selasa (13/11) tampak berbeda. Ruang laboratorium komputer Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Atma Jogja, terlihat lebih padat dari biasanya. Beberapa sosok tak dikenal mulai menarik perhatian. Ada yang tengah berbincang dengan salah satu mahasiswa, ada yang sibuk mengoperasikan salah satu komputer di ruang itu, serta ada yang sekadar berkeliling untuk mengamati keadaan kelas.

Adalah Wikimedia Indonesia yang hadir sebagai dosen tamu di kelas Jurnalisme Multimedia-B. Mereka hadir dengan membawa semangat WikiLatih untuk mengedukasi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jogja, baik dalam menulis, menyunting, dan memanfaat informasi yang tersedia di kanal Wikipedia.

Cahyo Ramadhani membuka pelatihan hari itu. Ia mulai dengan beberapa pengantar mengenai empat terminologi yang harus dikenal terlebih dahulu, lalu tentang organisasi bernama Wikimedia Indonesia serta beragam proyek yang tengah digarap oleh mereka. Hingga, tiba saatnya Cahyo menjelaskan tentang sebuah kanal yang begitu terkenal, yaitu Wikipedia.

Wikipedia adalah sebuah ensiklopedia yang dapat digunakan oleh semua orang, tanpa terkecuali. Semua orang dapat memberikan kontribusi berupa tulisan atau suntingan pada ensiklopedia tersebut. Meski demikian, tetap ada aturan yang berlaku dalam penulisannya. Aturan tersebut tentu saja untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

salah satu anggota tim Wikimedia Indonesia (dokumen pribadi)
salah satu anggota tim Wikimedia Indonesia (dokumen pribadi)
Aturan Penting Dalam Menulis Artikel
  • Plagiarisme

Wikipedia menentang bentuk pelanggaran yang satu ini, apapun bentuknya. Plagiarisme adalah perbuatan tidak terpuji yang melanggar hak cipta. Untuk itu seorang penulis artikel wajib menyertakan sumber terpercaya dalam artikelnya. Tak lupa, mereka juga harus melakukan parafrase.  Cahyo mengatakan, bahwa Wikipedia mendorong dan menganjurkan para kontributor untuk melakukan parafrase. Jadi, jangan cuma copy-paste, ya!

  • Sumber terpercaya

Banyak sumber terpercaya yang dapat digunakan penulis sebagai referensi, misalkan buku, jurnal ilmiah, dan surat kabar.

  • Deksriptif

Artikel di Wikipedia baiknya ditulis dalam bentuk paragraf yang dapat mendeskripsikan subjek secara menyeluruh dan jelas, bukan dalam bentuk poin.

  • Netralitas

Tidak menggunakan frasa yang mengandung unsur penghakiman.

Tips Menulis di Wikipedia

Tak melulu soal aturan yang harus ditaati, Cahyo dan segenap tim Wikimedia Indonesia, memberikan sekumpulan tips yang berguna untuk mendukung eksistensi tulisan yang dibuat.

  • Mengutamakan Bahasa Indonesia

Jika sebuah frasa tak dapat ditemukan dalam bahasa Indonesia, kita tidak boleh lupa untuk mencetak miring setiap frasa yang diserap dari bahasa asing. 

  • Diksi yang konsisten
  • Diksi yang netral
  • Gunakan catatan kaki

Referensi disisipkan di akhir kalimat. Hal ini mendukung tulisanmu agar bisa lebih dipercaya

  • Menggunakan pranala dalam (sesama artikel Wikipedia) di dalam paragraf
  • Huruf kapital digunakan hanya pada kata pertama subjudul

Sebagai contoh, subjudul 'alur produksi', ditulis Alur produksi. Jadi, yang menggunakan huruf kapital hanya huruf A dalam Alur, sementara P dalam produksi tidak perlu ditulis dalam huruf kapital.

Mengapa Wikipedia Tidak Dianjurkan Menjadi Referensi?

Selain soal peraturan dan tips, Cahyo juga mengingatkan para mahasiswa akan satu hal, yaitu tentang menggunakan Wikipedia sebagai referensi. Saat program WikiLatih berlangsung, Cahyo membenarkan larangan untuk menggunakan Wikipedia sebagai referensi tugas. Alasannya karena Wikipedia adalah ensiklopedia yang bebas, dimana semua orang dapat mencantumkan informasi tentang apapun, tanpa diketahui kebenarannya.

"Wikipedia hanya menyediakan informasi," tutur Cahyo tegas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2