Mohon tunggu...
Sharfina S
Sharfina S Mohon Tunggu... Content Writer

Penikmat obrolan satu frekuensi ☕

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Catat, 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Sebelum KKN

8 April 2021   10:00 Diperbarui: 8 April 2021   18:25 139 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catat, 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Sebelum KKN
Kuliah Kerja Nyata (Dokumentasi Irham)

Sebagai mahasiswa, pasti kamu tidak asing dengan istilah KKN. Namun bagi kamu yang belum tahu apa itu KKN. Saya akan menjelaskannya sedikit. 

KKN atau Kuliah Kerja Nyata adalah sebuah program kampus yang bertujuan mewujudkan salah satu tridharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Biasanya KKN ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester 6 atau 7. Dan dalam praktiknya, nantinya mahasiswa akan ditempatkan di sebuah desa alias tempat yang jauh dari kota untuk mengabdi kepada masyarakat dalam kurun waktu satu sampai dua bulan.

Berhubung di Kompasiana banyak banget tugas kuliah mengenai KKN, saya jadi ingin memberikan sedikit cerita dan pengalaman saya selama KKN dulu saat saya masih berstatus mahasiswa.

Beda universitas, beda pula implementasinya. Di universitas di mana saya menimba ilmu, KKN dibagi menjadi dua, yaitu mandiri dan berkelompok. Jika KKN mandiri lebih banyak mengerjakan tugas-tugas di lingkungan kampus, maka sebaliknya KKN berkelompok, mahasiswa akan terjun langsung ke desa untuk mengabdi. Dan berhubung saya makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, maka saya pun memilih KKN berkelompok.

Jika teringat perjuangan mencari teman untuk diajak bergabung dalam grup KKN memang ada saja dramanya. Dulu waktu angkatan 2012, saya harus mencari 18 orang (sudah termasuk saya) dari 5 fakultas yang mana masing-masing perwakilan fakultas tidak boleh membawa lebih dari 4 orang. 

Beruntung sekali sewaktu saya kuliah, saya punya kenalan beberapa teman dari berbagai fakultas. Nah dari situ, teman saya dari berbagai fakultas mulai mencari teman untuk diajak bergabung.

Drama pun dimulai.....

Sewaktu grup KKN sudah dibuat dan beberapa teman saya sudah membawa dua orang perwakilannya dari fakultas, justru sebaliknya saya agak kesulitan menemukan teman yang satu fakultas dengan saya. 

Saya wanti-wanti tidak memilih teman yang satu jurusan atau bahkan satu kelas, supaya nantinya Kelompok KKN ini memiliki tim dari ragam jurusan yang berbeda.

Berbekal grup sosmed yang mana isinya teman-teman sewaktu masa orientasi kampus, saya pun menanyakan mereka satu per satu. Dan ternyata semuanya sudah memiliki grup masing-masing, dan tersisalah Bambang (bukan nama sebenarnya) yang belum memiliki grup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN