Mohon tunggu...
sharap gonggo
sharap gonggo Mohon Tunggu... -

mendekati dewasa ~~~

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Psikologi dan Para Tokoh

10 Maret 2015   22:53 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:50 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

haii gaes ..terima kasih sudah meluangkankan sedikit waktu kalian untuk membuka tulisan ini :D tapi saya akan berterima kasih banyak jika kalian juga mau meluangkan sedeikit waktu kalian lagi untuk membaca tulisan saya ini, apalagi kalo mau corat-coret dikolom komentar :D woo :O kalian istimewa :D

Disini saya akan memberikan sedikit info tentang orang-orang yang sangat berpengaruh didunia psikologi. Namun sebelum saya jauh membahas orang-orang hebat tersebut saya akan memberi sedikit pengertian tentang apa itu psikologi ?

Jadi psikologi itu adalah ilmu yang mempelajari tentang proses mental dan proses perilaku seseorang. banyak orang yang menyamakan psikologi itu dengan ilmu dukun karena sebagian besar orang psikolog bisa membaca sikap atau sifat seseorang hanya dari melihat telapak tangan ataupun raut wajah mereka, padahal untuk menebak hal semacam itu diperlukan waktu yang tidak hanya sekali, para psikolog pun harus belajar secara bertahap dan mendalam tentang ilmu ini.

Baiklah sedikit saja pengertian psikologi menurut saya, sekarang saya akan memberi sedikit info tentang tokoh-tokoh penting didalam dunia psikologi.

1. Sigmund Freud

Sigmund freud adalah orang kelahiran Freiberg,Jerman pada 6 mei 1856. Beliau adalah seorang austria keturunan yahudi dan merupakan pendiri aliran psikoanalisis didunia psikologi. Teori Freud yang terkenal hingga hari ini atau tepatnya yang paling saya ingat adalah teori gunung es, yang artinya alam bawah sadar manusia adalah yang paling mempengaruhi atau mengendalikan perilaku manusia. sebenarnya teori gunung es secara rinci itu menjelaskan tentang 3 hal yaitu id,ego dan superego.saya akan menjelaskan sedikit saja tentang id,ego dan superego.secara singkatnya pengertian id adalah nafsu atau sebuah perbuatan yang dilakukan tanpa berpikir contohnya mabuk,mencuri atau membunuh .sedangkan ego adalah hasil dari pertimbangan id dan superego, atau bisa dikatakan ego adalah eksekutor, sedangkan superego secara singkatnya adalah aturan-aturan atau norma yang menekan id,bisa bearasal dari luar maupun dalam.contohnya seperti saat kita akan mencuri, lalu kita ingat efek mencuri jika ketahuan bisa dihajar massa atau dipenjara,maka bisa diartikan mencuri adalah melanggar aturan yang sudah berlaku dimasyarakat.

2. Ivan Pavlov

Ivan Pavlov adalah seorang berkebangsaan Rusia. Teori milik Ivan Pavlov yang terkenal adalah tentang teori Classical Conditiona. yaitu teori yang dihasilkan melalui percobaannya terhadap seekor anjing yang dihadapkan pada makanan. Teori ini memadukan antara makanan dan bunyi bel yang membuat air liur anjing keluar. lalu dicoba hanya embunyikan bel tanpa adanya makanan air liur anjing tetap keluar karena sudah terbiaa bila ada bunyi bel selalu ada makanan.percobaan tanpa makana ini dilakukan hingga berulang-ulang hingga akhirnya anjing tidak mengeluarkan air liur lagi saat bel dibunyikan.sampai saat ini teori ini dijadikan dasar psikologi behaviorisme, sekaligus menjadi dasar bagi penelitian proses belajar.berkat teori ini pula beliau menerima penghargaan Nobel dalam fisiologi atau kedokteran.

3. Wilhelm Wundt

Wilhelm Wundt merupakan orang kelahiran jerman pada tanggal 16 agustus 1832. Wilhelm Wundt sangat terkenal didunia psikologi karena pada tahun 1879  ia merupakan orang pertama yang mendirikan laboratorium psikologis pertama di dunia.dia juga orang pertama yang membuat jurnal riset psikologis pertama didunia pada tahun 1881. Bisa disebut Wilhelm Wundt merupakan penemu Ilmu Psikologi.

Nah itu tadi adalah sedikit gambaran tokoh-tokoh penting dalam ilmu psikologi.sebenarnya masih banyak tokoh penting lainnya tapi saya belum pernah membaca tentang profil tokoh-tokoh psikologi lainnya. 3 tokoh tersebut pernah sedikit disinggung dalam pelajaran psikologi umum

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan