Mohon tunggu...
Deny Hen
Deny Hen Mohon Tunggu... Life & Marriage Coach

Founder Pembelajar Hidup, Life & Marriage Coach, Motivator, Penulis buku "The Great Marriage".

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

10 Saran Terbaik bagi Generasi Muda

1 Agustus 2019   13:24 Diperbarui: 1 Agustus 2019   14:57 0 0 0 Mohon Tunggu...
10 Saran Terbaik bagi Generasi Muda
freepik.com

Berikut adalah jawaban saya bagi pertanyaan "Apa saran yang ingin kamu berikan pada generasi anak muda saat ini?" yang ditanyakan pada saya melalui sosmed Quora:

Adik-adikku, inilah 10 saran saya untuk Anda tunas bangsa generasi muda saat ini:

1. Tempa diri Anda menjadi pribadi yang tidak takut akan kesulitan dan penderitaan
Memang penderitaan itu sucks. Tidak ada yang enak dari kesulitan dan penderitaan. Anak muda jaman sekarang cenderung hidup lebih nyaman dibanding generasi sebelumnya, sehingga kurang terlatih dengan masalah dan penderitaan. Saya punya teman-teman (mungkin juga Anda) yang berdoa tiap hari agar hari mereka tidak punya masalah, aman dan lancar terus setiap hari.

Kenyataannya, saat Anda berdoa minta sukses, Tuhan akan memberikan kesulitaan pada Anda. Karena tidak ada seorang pun yang bisa naik kelas tanpa ada kesulitan. Seorang atlit angkat besi harus melawan sakit yang dirasakan ketika mengangkat beban yang sedikit melebihi kekuatan dirinya. Tapi tanpa hal itu otot kita tidak akan rusak dan kemudian membangun kembali otot yang lebih kuat dari sebelumnya.

Tidak ada yang suka penderitaan. Bayangkanlah perasaan orang yang baru ditolak gebetannya, atau baru putus cinta. Rasanya mengenaskan bukan? Sama juga dengan orang-orang yang baru di-PHK, atau baru kehabisan uang untuk membangun usahanya. Tapi kesuksesan selalu lahir dari kegagalan yang berulang-ulang. Mau lebih cepat sukses? Ya lakukan secepat dan sebanyak mungkin usaha yang terfokus, nanti lama-lama kegagalan-kegagalan Anda akan berkurang dan Anda menemukan jalannya untuk sukses. Tapi tidak bisa terjadi tanpa Anda mengijinkan kesulitan dan penderitaan itu terjadi pada diri Anda.

2. Temukan passion Anda
Semakin hari persaingan akan semakin sengit, untuk bisa hidup di masa mendatang, Anda harus jadi pemenang dalam bidang yang Anda pilih, setidaknya dalam niche market Anda. Sulit sekali Anda bisa menjadi pemenang tanpa Anda menyukai bidang yang Anda tekuni.

Untuk menemukan passion Anda, Anda perlu mencoba berbagai macam kegiatan dan aktivitas. Selama Anda punya waktu, gunakan untuk aktivitas-aktivitas produktif yang bisa menguji passion Anda. Ikuti kegiatan olah raga/seni yang Anda sukai, lakukanlah proyek-proyek volunteer (paling sederhana adalah dengan mengambil pelayanan di tempat ibadah Anda). Saat orang lain memberikan tugas memimpin atau mengkoordinasi sesuatu, cobalah, ambil kesempatan berharga itu. Bukan cuma Anda belajar leadership, tapi Anda juga akan menemukan hal-hal apa yang menggugah dan membuat Anda bersemangat.

freepik.com
freepik.com
Menemukan passion Anda merupakan salah satu kunci untuk mencapai potensi maksimum Anda.

3. Kuasai lebih dari satu keahlian/bidang
Jaman now beda dengan jaman dulu. Anda membutuhkan multi talent untuk bisa memenangkan persaingan. Terutama pada masa sekarang, Anda setidaknya perlu menguasai:

  1. Marketing (karena Anda harus pandai memasarkan diri Anda)
  2. IT (ingat bahwa kita memasuki era Revolusi Industri 4.0)
  3. Public speaking (agar dapat mempresentasikan ide-ide Anda dengan baik)
  4. Finansial dan instrumen investasi (tentu saja Anda tidak bisa hanya menyimpan uang di tabungan, bukan?)
  5. Coaching (karena menjadi manager masa kini bukan lagi main telunjuk, tetapi kolaborasi dan pengembangan potensi bawahan)
  6. Desain graphic/video editting (untuk menunjang promosi ide-ide maupun diri Anda)

4. Ingatlah 3 N: networking, networking, networking
Waktu saya masih menjadi karyawan dahulu, saya berkesempatan bekerja di 6 perusahaan yang berbeda. 5 di antaranya apply melalui kenalan saya. Kenyataannya memang bagi sebagian besar kita, sulit sekali mendapatkan pekerjaan tanpa koneksi. Ini bukan berarti KKN, karena proses rekrutmennya tetap saja melalui test dan wawancara biasa, dan tetap dibandingkan juga dengan orang lain. Tapi dengan memperlebar jejaring kita, memungkinkan kita untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang tidak dimiliki oleh orang lain, sekaligus mendapatkan kesempatan rekomendasi dari teman kita.

Nah maka saat di kelas, perhatikanlah teman-teman sekolah/kuliah Anda saat ini. 10--20 tahun dari sekarang ini, mungkin ada di antara mereka yang menjadi pejabat tinggi. Mungkin ada juga yang menjadi konglomerat, ada yang akan menjadi dokter/profesor ternama, pemilik hotel/pabrik, Jendral, Direktur dan lain sebagainya. Jadi, jangan memandang rendah siapa pun dan separah apa pun kemampuan teman Anda. Jangan-jangan suatu hari nanti Anda akan menjadi bawahan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x