Mohon tunggu...
Shannon Jesselyn Tjoanda
Shannon Jesselyn Tjoanda Mohon Tunggu... Mahasiswi Ilmu Komunikasi

My goal is to be a person who is not only useful to myself, but also useful to everyone. Easy going and dare to try new things are two representing attributes which will be beneficial not only for me in creating new connections but also for the organization to gain more attention from the public.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Belajar Berbagai Materi di Dunia dalam Genggamanmu

24 Maret 2021   19:35 Diperbarui: 24 Maret 2021   19:44 122 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Berbagai Materi di Dunia dalam Genggamanmu
sumber: via liputan6.com

Manusia seringkali mengasah kemampuan atau berusaha mencari tahu hal-hal yang memang menjadi ketertarikannya. Ketertarikan tersebut bisa berupa budaya, bahasa, ilmu, dan lain-lain. 

Umumnya untuk mempermudah atau jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai hal yang diminati, seseorang harus mengunjungi sebuah instansi khusus. Tidak hanya instansi khusus seperti lembaga belajar, terkadang seseorang harus mendatangi sebuah guru. Upaya upaya tersebut dilakukan agar mereka bisa mendapat ilmu dari sumber-sumber yang kredibel.

Seiring dengan berkembangnya zaman, terutama pada tahun 2021 ini tentu teknologi sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut tidak hanya dapat dilihat dari bentuk perangkat teknologi yang semakin hari semakin praktis tetapi juga dari kemajuan sisi aplikasi. 

Beberapa aplikasi saat ini memiliki kemajuan yang pesat, aplikasi sudah memungkinkan seseorang untuk melakukan kegiatan jual beli secara online, tidak hanya itu tetapi seseorang juga dapat belajar melalui sebuah aplikasi pendidikan. Saat ini sangat memungkinkan bagi seseorang untuk mencari berbagai informasi hanya dari satu perangkat elektronik yang dimilikinya. Selain itu juga bahkan seseorang bisa langsung berkomunikasi dengan guru secara online melalui aplikasi khusus untuk pendidikan.

Dari pengalaman tersebut dapat terlihat bahwa terjadi perubahan cara belajar zaman dulu yang mengharuskan kita untuk tatap muka sekarang berubah menjadi serba online.

Teori Evolusi dilihat dari cara pengorganisasian masyarakat yang mengalami perubahan sistem kerjanya. (Goa, 2017)

Teori Evolusi merupakan salah satu contoh dari Teori perubahan sosial. Ketika permasalahan tersebut dilihat dari sisi Teori Evolusi maka menunjukkan bahwa terjadinya perubahan pada sistem belajar masyarakat. 

Saat ini sangat memungkinkan bagi seseorang untuk belajar dari situs online dengan sumber yang kredibel. Hal tersebut juga dapat disimpulkan bahwa masyarakat merubah tingkat peradabannya yang dari sederhana menjadi ke tingkat yang lebih kompleks atau semakin canggih (Goa, 2017). Pembelajaran tatap muka atau sistem tradisional tersebut berubah menjadi semakin kompleks atau canggih karena dapat dilakukan secara online.

Seperti pada artikel online dari ruangguru.com terdapat beberapa situs belajar online yang bisa diakses bagi orang yang ingin belajar mengenai ilmu pengetahuan umum dan juga pelajaran-pelajaran yang diajarkan di tempat pendidikan. Beberapa situs belajar tersebut menawarkan keunikannya masing-masing dalam menyampaikan materinya. Seperti contoh Brain Academy Online menawarkan cara belajar yang unik dengan Live Teaching interaktif dan para penggunanya dapat mengetahui jadwal untuk live tersebut.

Selanjutnya terdapat website yang bernama Coursera yang memberikan kemudahan bagi penggunanya yang ingin menimba ilmu hingga ke negara lain. Pada website tersebut seseorang dapat mengakses beberapa materi yang berasal dari berbagai universitas ternama yang terdapat di dunia seperti Oxford, Stanford, UC San Diego, dan lain-lain.

Tidak hanya terjadi kemunculan pada website yang mendidik tersebut tetapi juga ada kemunculan pada komunitas belajar. Komunitas belajar tersebut umumnya hadir di tengah masyarakat dengan tujuan untuk mendidik serta membantu melestarikan budaya yang ada di sekitarnya. Seperti contoh terdapat Kampung Inggris yang berada di Bantul, Jogja. Kursus tersebut dilakukan dengan konsep berada di kampung sehingga orang-orang yang ingin mempelajari bisa mendaftarkan diri di komunitas tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN