Mohon tunggu...
Shania Situmorang
Shania Situmorang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication Student

You Only Live Once

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mulai dari Jurnal sampai Jurnalisme Digital di Afrika Selatan

26 September 2021   22:18 Diperbarui: 26 September 2021   22:23 51 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mulai dari Jurnal sampai Jurnalisme Digital di Afrika Selatan
Sumber : The Conversation

Perkembangan jurnalisme di benua Amerika, Eropa maupun Asia pasti telah banyak diketahui oleh masyarakat. Pada artikel ini akan dijelaskan perkembangan media massa pada bidang jurnalisti di Afrika Selatan.

Sejarah yang panjang dan meliputi berbagai kaum terpelajar dalam memberikan amsyarakat Afrika Selatan kebebeasan untuk belajar jurnalisme dan komunikasi massa. Sedangkan pada perkembangannya, wartawan Afrika Selatan harus menggunakan platform media sosial untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Timeline Jurnalisme dan Komunikasi Massa

1971-1974 : Keberadaan jurnal komunikasi di Afrika yang diedit oleh Tony Giffard dari Universitas Rhodes. Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan antara media dan Universitas.

1976 : Riset pada JMC di Afrika Selatan dimulai setelah muncul siaran televisi tahun 1976.

1980 : Terdapat penelitian tambahan. Pada tahun ini banyak negara Apartheid yang beroperasi. Penelitian JMC yang dilakukan merupakan inisiatif dari fase sebelumnya. Pada paruh pertama abad ini tidak banyak ilmu penting. Pada tahun yang sama didirikan The South African Communication Association (SACOMM) yaitu asosiasi akademi komunikasi yang paling bertahan lama. Menurut para anti-apartheid, SACOMM dibentuk sebagai pendukung kebijakan negara.Banyak bahan biografi yang tersedia, Banyak wartawan yang menggambarkan kondisi mereka dengan istilah anekdot.

1990 : Besarnya kemungkinan untuk penduduk Afrika Selatan bergabung dengan African Council for Communication Education (ACCE). 

1994 : Penduduk Afrika selatan yaitu Tomaselli, berhasil menduduki bangku eksekutif ACCE. Pada tahun yang sama di dirikan cabang di Afrika Selatan. Cabang ini dipimpin oleh Eronini Megwayan berasal dari Universitas Peninsula. Afrika Selatan berhasil menyelenggarakan kongres dalam hal organisasi serta kedatangan ilmuwan.

1990-an : Terbit banyak karya akan media dan pendidikan komunikasi di Afrika Selatan. Kuartal ini dipenuhi dengan artikel- artikel pendek akan isu dunia ketiga serta ruang diskusi tentang media dan demokrasi. 

Jurnalisme Digital

Sumber : Hashtag South Africa
Sumber : Hashtag South Africa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan