Mohon tunggu...
Shanda Aura Sawitri
Shanda Aura Sawitri Mohon Tunggu... A student

Enjoy your reading!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Berani Memulai Usaha di Usia Muda

23 Juni 2021   00:33 Diperbarui: 23 Juni 2021   08:56 26 1 0 Mohon Tunggu...

Jakarta, Indonesia -  Di usia muda yang masih menjadi seorang mahasiswa, Thiersyanda yang kini berusia 19 tahun sudah berani masuk ke dalam dunia bisnis, ia menjalani usahanya sejak satu tahun yang lalu. Alasan mengapa ia memulai usaha itu sudah tertanam sejak ia masih kecil yang memiliki hobi berjualan dan selain itu ia memulai usaha untuk menambah uang jajan, mengisi waktu yang bermanfaat, dan menguntungkan dengan berjualan.

Dalam memulai usaha tentunya membutuhkan banyak pertimbangan dan kesiapan apalagi di usia yang masih sangat muda, mungkin beberapa anak muda yang masih bersekolah memiliki keinginan untuk membuka suatu usaha tetapi masih ragu untuk memulainya karena dalam berbisnis tidak selalu untung dan pasti juga akan mengalami kerugian.

"Modal awalnya sih dari hasil menabung uang jajan yang didapat," ucapnya. Kini usaha yang sedang ia jalani yaitu didalam bidang Food & Beverages dan Clothing. Di bidang F&B ia menjual makanan asal Tiongkok yaitu Dimsum yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia dan juga menjual Fettucine dengan sistem delivery order. Kalau dibidang Clothing ia menjual Knitwear Korean dan Jeans High waist vintage.

Ia memiliki cara untuk menarik pelanggan yaitu dengan melakukan promosi yang dibantu oleh teman-temannya di social media yang ada. Sejauh ini suka dan duka dalam menjalani usaha cukup dirasakan oleh Thiersyanda, sukanya ia sangat senang kalau mendapat pelanggan dan dukanya yaitu ketika ada pelanggan yang membatalkan orderannya. Harapan Thiersyanda untuk kedepannya ia ingin bisa lebih maju lagi.

"Kalau mau menjalani usaha, kita harus niat dan jangan takut gagal," ucap Thiersyanda.

VIDEO PILIHAN