Mohon tunggu...
Shalika Atha
Shalika Atha Mohon Tunggu... Shalika

Tugas Kuliah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hidup Sehat Selama Pandemi Covid-19

25 Juni 2021   20:59 Diperbarui: 25 Juni 2021   21:02 19 1 0 Mohon Tunggu...

Covid-19 adalah suatu permasalahan kesehatan yang disebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Covid-19 atau virus corona ditemukan pertama kali di kota Wuhan China, pada Desember 2019 lalu. Covid-19 dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

World Health Organization atau WHO secara resmi mendeklarasikan virus corona sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020. Artinya, virus corona telah menyebar secara luas di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, pertama kali mengkonfirmasi kasus Covid-19 ini pada tanggal 2 Maret 2020. Pada saat itu, Presiden Joko Widodo, mengumumkan ada 2 orang dengan kewarganegaraan Indonesia positif terpapar virus Corona yakni wanita berusia 31 tahun dan berusia 64 tahun.

Sampai saat ini, kasus covid-19 di Indonesia telah mencapai 2,05 juta jiwa yang terjangkit virus ini, dengan 1,83 juta jiwa diantaranya dinyatakan sembuh dan 55.949 jiwa dinyatakan meninggal dunia. Dengan adanya data semacam ini, tentu sangat membuat masyarakat menjadi resah dan merasa dihantui. Namun, banyak juga masyarakat yang justru cuek dan menganggap remeh dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Upaya pemerintah menanggapi hal ini salah satunya adalah menghimbau masyarakat dengan mewajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan demi terhentinya rantai penularan virus corona.

Selain itu, sangat diperlukan kesadaran dari diri kita sendiri untuk memutus rantai penyebaran virus corona ini dengan menerapkan pola hidup sehat. Lalu, apa saja kiat yang dimaksud dalam menerapkan pola hidup sehat itu?

1. Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan

Kebersihan merupakan komponen terpenting agar terhindar dari permasalahan kesehatan. Salah satu upaya menjaga kebersihan yang paling sederhana adalah dengan rajin mencuci tangan. Virus corona, dapat menempel dimana saja terutama pada permukaan yang sering dijangkau oleh banyak orang. Bayangkan saja jika kita menyentuh permukaan tersebut tanpa mencuci tangan setelahnya, lalu tanpa sadar kita menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang belum dicuci. Padahal, ketiga indera tersebut merupakan pintu utama masuknya bakteri maupun virus ke dalam tubuh. Oleh karena itu, rajin lah mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun agar lebih bersih.

2. Menjaga imunitas tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imunitas sangat penting untuk dijaga dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Stres adalah salah satu pemicu yang dapat menurunkan imunitas. Apabila sistem kekebalan tubuh menurun, maka virus akan dengan mudah menyerang tubuh kita. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit?

  • Rajin berolahraga teratur minimal 30 menit per hari.
  • Istirahat cukup.
  • Konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah.
  • Memenuhi asupan vitamin C dan D.

3. Tidak merokok

Berhenti merokok adalah salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok dapat menjadi penyebab penyakit kardiovaskuler, kanker, maupun sistem respirasi. Padahal, pada masa pandemi Covid-19 ini, virus corona mudah menyerang tubuh manusia yang memiliki penyakit yang rawan terjadi komplikasi, terlebih penyakit pada sistem respirasi.

Itulah beberapa kiat untuk menerapkan pola hidup sehat selama pandemi Covid-19. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan) agar kita terlindungi dari virus corona. Salam sehat untuk semuanya.

VIDEO PILIHAN