Mohon tunggu...
Shafira Hadi
Shafira Hadi Mohon Tunggu... mahasiswa surabaya

Be Nice, Be Healthy, Be Strong

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berkah KKN Mandiri di Rumah Aja

11 Januari 2021   17:28 Diperbarui: 11 Januari 2021   17:50 59 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkah KKN Mandiri di Rumah Aja
picsart-01-08-08-52-31-5ffc2b5e8ede48782f7df4a2.jpg

Indonesia adalah salah satu Negara yang terdampak dengan adanya virus covid-19 ini, sejak Maret 2020, Pemerintah mengeluarkan surat peringatan kepada masyarakat untuk tetap di rumah dan memberlakukan jam malam hingga diberlakukan PSSB. Pandemi ini terus meningkat terus memakan korban, tidak hanya memakan korban karena terkena covid-19, tetapi dengan adanya pandemi ini banyak korban yang menjadi pengangguran. Banyaknya karyawan,buruh, dan orang-orang yang kehilangan pekerjaannya dan ada yang di PHK untuk pengurangan karyawan, karena perusahaan mengalami penurunan. Tidak hanyak para pekerja saja yang di rumahkan, anak-anak sekolah, mahasiswa juga di rumahkan atau belajar dirumah saja, yang mengakibatkan proses pembelajaran menjadi terganggu dan tidak maksimal. Salah satunya mahasiswa UNTAG Surabaya melakukan kegiatan KKN di rumah saja, yang seharusnya dilakukan di desa-desa sekarang hanya dilakukan di rumah saja secara individu. 

 

            Salah satu mahasiswa UNTAG yang bernama Shafira Hadi prodi Ilmu Komunikasi ini memanfaatkan KKN di rumah saja dengan membantu perekonomian warga yang terkena PHK atau pengurangan pekerja. Di laksanakan di Perumahan Apsari Cerme RT04 RW01 sejak tanggal 14 Desember 2020 dengan tema "Memperdayakan dan membantu desain packging produk usaha korban PHK". Dalam pelaksanakan program penagbdian kepada masyarakat yang dilakukan individu Shafira mencoba membantu warga yang terkena PHK yang sudah berjualan tetapi tidak tahu caranya memasarkan dan bagimana produk itu terlihat menarik di mata konsumen. Shafira berinisiatif dengan membantu mendesain banner untuk warung, membuatkan menu-menu, dan memperbaiki tampilan packaging. "Selama KKN tidak membuat saya untuk menyerah dan bermalas-malasan, walaupun dimasa pandemi ini yang diharuskan memakai masker dan menjaga jarak" Shafira Hadi (21).

 

            Shafira mempunyai tujuan dalam program KKN yang dibuatnya, Shafira berharap program KKN individu ini bisa menciptakan suasana baru kepada mitra-itra yang sudah bekerja sama, bisa membantu para mitra untuk semakin giat berjualan, memberi semangat kepada mitra terus berjuang walaupun dengan kondisi ekonomi seperti ini tidak boleh ikut lemah. Shafira menganggap KKN dimasa pandemi ini adalah sebuah keberkahan karena shafira bisa membantu orang-orang yang disekitarnya untuk bangkit dan bekerja keras dengan apa yang mereka jual. Dengan memperbaiki packaging dan warung mereka menurut shafira suduh cukup puas, karena pertama kali ketika kita ingin membeli sesuatu atau jajanan pasti kita akan melihat tempat, gambar dan warna-warna yang ada di warung tersebut. Maka dari itu shafira membuat tampilan berbeda walaupun hanya memberi banner untuk memikat para pembeli.

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x