Mohon tunggu...
Shabrina Yasmin
Shabrina Yasmin Mohon Tunggu... XI IPS 2 - 34 - SMAN 28 JAKARTA

Lingkungan Hidup - Sosial - Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Yuk, Simak Pentingnya Belajar Menggunakan Gaya Belajar yang Sesuai dengan Kepribadianmu!

30 Agustus 2020   03:52 Diperbarui: 30 Agustus 2020   04:03 80 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk, Simak Pentingnya Belajar Menggunakan Gaya Belajar yang Sesuai dengan Kepribadianmu!
mtsyppajurnalistik.blogspot.com

Belajar merupakan hal yang manusia lakukan setiap harinya. Pada umumnya belajar memiliki prespektif yang hanya terpaku dengan kegiatan belajar mengajar di Sekolah.

Namun, apakah kamu sudah menggunakan metode pembelajaran dengan benar ? Sering sekali "belajar" yang dilakukan hanya sebatas menghapal materi pembelajaran tanpa memahaminya lebih dalam.

Belajar merupakan kegiatan menambah ilmu yang dilakukan oleh manusia untuk meningkatkan diri menjad lebih baik. Belajar yang akan dibahas pada artikel kali ini merupakan pembelajaran yang dilakukan dalam kelas. Proses penyampaian materi sering kali hanya dihapal saja. Oleh karena itu kita harus memperhatikan proses atau cara agar materi yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah.

Menurut NASSP Gaya belajar atau learning style adalah suatu karakteristik kognitif, afektif dan perilaku psikomotoris, sebagai indikator yang bertindak yang relatif stabil untuk pebelajar merasa saling berhubungan dan bereaksi terhadap lingkungan belajar.

Penelitian membuktikan ketika kita memperajari bahan ajar dengan metode yang sesuai dengan kepribadian, secara emosional kita cenderung lebih enjoy dan dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik.

Berikut merupakan jenis metode belajar,

  • Visual : Gaya belajar ini cenderung untuk melihat atau menggambar objek yang disampaikan. Biasanya orang dengan gaya belajar ini akan sering membuat mindmap dengan warna yang menarik.
  • Kinestetik : Gaya belajar kinestetik biasanya dilakukan dengan cara menyentuh, bergerak dan melakukan kegiatan tersebut, Jadi orang yang memiliki gaya belajar kinestetik sangat aktif untuk melakukan kegiatan visik
  • Auditory : Gaya belajar auditory dilakukan dengan cara pendengaran. Hal ini biasanya dengan cara membaca dengan keras atau membuat rekaman suara dan mendengarkannya secara berulang kali

Kurangnya pemahaman mengenai gaya pelajar terkadang sangat menghampat proses pembelajaran seseorang. Pentingnya gaya belajar membuat kita akan lebih menikmati proses pembelajaran dan menerimanya dengan mudah. Namun kesesuaian gaya belajar harus tetap didukung oleh semangat belajar, kegigihan dan pantang menyerah.

VIDEO PILIHAN