Mohon tunggu...
Shabrina Pramestika M
Shabrina Pramestika M Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Diponegoro

Menghasilkan Konten atau Publikasi terkait kegiatan Kuliah Kerja Nyata

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Ubah Limbah Menjadi Peluang Usaha, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Edukasi Recycle dengan Akuaponik

7 Agustus 2022   08:00 Diperbarui: 7 Agustus 2022   08:04 551 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemberian Booklet Akuaponik dan Prototype Akuaponik dengan Media Ember/dokpri

Semarang (06/08) - Mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2021/2022 Universitas Diponegoro telah melaksanakan program kerja monodisiplin yaitu pemberian edukasi kepada warga RW 04 Kelurahan Lamper Tengah mengenai pemanfaatan akuaponik sebagai upaya untuk mengurangi limbah, penerapan recycle dan peluang usaha. 

Program ini dilaksanakan di Balai RT 01 RW 04 Kelurahan Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan pada hari Rabu, 27 Juli 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua RW 04 dan seluruh Ketua RT yang ada di dalamnya. Program dilaksanakan dengan memberikan pemahaman mengenai akuaponik, macam-macam akuaponik serta jenis ikan dan tanaman yang dapat digunakan dalam akuaponik.

Banyaknya bangunan yang berkembang pesat di daerah perkotaan seperti Kelurahan Lamper Tengah berdampak pada semakin berkurangnya lahan hijau yang ada. 

Lahan hijau sangat diperlukan, karena dapat membantu untuk menjaga ekosistem lingkungan, menjaga kesehatan masyarakat dan menjaga tanaman ataupun hewan di tempat tersebut. Pemanfaatan pekarangan atau halaman depan rumah merupakan salah satu cara agar lahan hijau tetap tersedia. 

Oleh karena itu, Shabrina Pramestika Maharani (Mahasiswa KKN Tim II 2021/2022 Universitas Diponegoro) berinisiatif memberikan edukasi terkait pemanfaatan pekarangan melalui teknologi budidaya tanaman yaitu akuaponik. Akuaponik adalah sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. 

Akuaponik sangat sederhana dan tidak terlalu banyak membutuhkan perawatan khusus karena tanaman akan memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan dan tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi serta sebagai suplai oksigen bagi ikan. 

Selain itu, akuaponik juga dapat mengurangi limbah, sebab cara pembuatannya memanfaatkan botol plastik bekas.

Pemberian Edukasi kepada RW 04 Kel. Lamper Tengah/dokpri
Pemberian Edukasi kepada RW 04 Kel. Lamper Tengah/dokpri
Edukasi berlangsung di Balai RT 01 RW 04 Kel. Lamper Tengah/dokpri
Edukasi berlangsung di Balai RT 01 RW 04 Kel. Lamper Tengah/dokpri

Selama kegiatan edukasi berlangsung, masyarakat RW 04 Kelurahan Lamper Tengah menyimak dan turut antusias untuk mencoba menghasilkan akuaponik. Hasil dari akuaponik berupa sayuran dan ikan dapat dijual dan menjadi pemasukan tambahan bagi masyarakat Lamper Tengah.

 Terdapat pula serah terima booklet serta prototype akuaponik dengan media ember dan akuaponik dengan media terpal sebagai bahan percontohan masyarakat Lamper Tengah. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat menyadari pentingnya bertanggung jawab pada kegiatan produksi dan konsumsi. Ketua RW 04 juga berharap melalui akuaponik ini, limbah yang ada di lingkungan Lamper Tengah dapat berkurang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan