Mohon tunggu...
shafira adlina
shafira adlina Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Mamah Blogger, Asesor dan Fasilitator.

Jadilah pengubah keadaan dan bukan menjadi korban dari perubahan. Temui aku juga di https://www.ceritamamah.com

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Tips agar Koneksi Internet di Laptop Lebih Cepat

16 Oktober 2021   19:30 Diperbarui: 16 Oktober 2021   19:32 277 14 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi gangguan internet (freepik.com)

Rasanya tidak salah menyandingkan internet dengan kebutuhan primer lainnya. Sebab saat ini internet sudah merupakan sebuah kebutuhan dalam kehidupan sehari hari. Kita bisa melakukan aktivitas tanpa batas, dari melakukan pembayaran tagihan listrik, belanja kebutuhan rumah tangga hingga pembelajaran anak sekolah.

Semua aktivitas dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Oleh sebab itu koneksi internet yang dimiliki harus dan wajib untuk lancar alias jangan sampai lemot. Saya lebih nyaman menggunakan laptop untuk aktivitas pembelajaran dengan anak, melakukan pekerjaan dan menulis untuk blog. Nah, hal yang paling membuat bad mood adalah ketika koneksi internet menjadi lambat alias lemot. Berikut bagaimana cara mempercepat koneksi internet di laptop atau personal computer.

1. Periksa berapa pengguna koneksi internet.

Hal yang sering kita lupakan saat memiliki koneksi internet di rumah adalah memeriksa sebenarkan berapa banyak pengguna atau perangkat yang nanti akan tersambung. Dulu, saya sering mengeluhkan koneksi internet IndiHome di rumah ibu mertua saya. Ternyata saat saya tanya kepada adik ipar saya, pada saat itu wifi-nya digunakan oleh tetangga juga.

Bayangkan saja, kecepatan internet yang hanya 20 Mbps dipakai lebih dari 6 perangkat. Bagaimana internet tidak lemot saat itu. Setidaknya ketika hanya memiliki bandwidth internet 20 Mbps, perangkat yang disarankan untuk terhubung adalah 3-5 perangkat.

2. Bersihkan browser yang digunakan di laptop.

Tips selanjutnya agar internet di laptop cepat adalah adalah dengan memeriksa situs yang dikunjungi. Browser pada laptop kita akan menyimpan cookies, cache dan history. 

Nah, ketiganya merupakan informasi seputar situs yang dikunjungi hingga password yang disimpan untuk masuk ke situs tersebut. Agar lebih ringan dan koneksi internet lebih cepat disarankan agar membersihkan ketiganya minimal sebulan sekali.

3. Jangan membuka tabs browsing terlalu banyak

Salah satu kebiasaan yang membuat internet melambat di laptop adalah membuka tabs browsing terlalu banyak. Apalagi saat saya riset untuk menulis, tabs browser yang saya gunakan bisa sangat kecil sekali. 

Lalu ketika saya mengeluhkan internet saya lambat dan dilihat oleh adik saya, spontan ia langsung menasihati saya.

"Gimana ga lemot laptopnya Teh. Teteh, buka tabs browsernya banyak banget. Biar ga lemot jangan buka tabs browsing terlalu banyak."

Ia memberikan nasihat agar mempercepat koneksi internet laptop adalah jangan membuka tabs terlalu banyak. 

Sebab semakin banyak tabs yang dibuka akan mempengaruhi kinerja dari perangkat. Disarankan untuk tidak membuka tabs browser terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan.

4. Selalu update anti virus komputer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan