Mohon tunggu...
shafira adlina
shafira adlina Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang Mamah Blogger, Asesor dan Fasilitator.

Jadilah pengubah keadaan dan bukan menjadi korban dari perubahan. Temui aku juga di https://www.ceritamamah.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Perjuangan Teknisi TelkomGroup Menstabilkan Sistem Komunikasi Kabel Laut JaSuKa

28 September 2021   13:26 Diperbarui: 28 September 2021   13:33 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tiang listrik (dokumentasi pribaid)

Hari minggu adalah hari di mana internet menjadi primadona di rumah saya. Namun, minggu kemarin ada yang berbeda, saya merasakan adanya gangguan internet di rumah. 

Setelah mencari informasi, ternyata IndiHome, provider internet di rumah saya sedang mengalami gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (Jasuka) pada ruas Batam - Pontianak. Inilah yang meyebabkan terjadinya gangguan layanan yang diberikan IndiHome dan Telkomsel sebagai produk dari Telkom Group di beberapa wilayah Indonesia. 

TelkomGroup mengumumkan setelah melakukan identifikasi ternyata gangguan yang berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.

Telkom memiliki semboyan : Sigap, cepat dan tanggap hadapi segala tantangan dan rintangan. Para teknisi Telkom Group bergegas menuju lokasi kejadian. 

Mereka segera melakukan perbaikan dan pemulihan kabel laut Jasuka pada ruas Batam-Pontianak dengan segala perlengkapan dan persiapan.  Tentu usaha ini demi menghubungkan kembali infrastruktur jaringan internet yang menjadi hajat hidup orang banyak.


"Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari , Jawa, Kalimantan dan Papua serta mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, supaya layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala." Ujar Pujo Pramono- Vice President Corporate Communication Telkom.

Meskipun gangguan layanan terjadi di hari minggu bukan di hari kerja, para petugas tetap berusaha memperbaiki layanan agar normal seperti sediaka kala. Berkat kegigihan dan perjuangan para teknisi dan kerja sama dari berbagai pihak, selang sekitar tiga jam sejak kejadian, jaringan TelkomGroup berangsur kembali normal.


Saya teringat dengan kejadian yang dialami tetangga saya. Mereka mengalami putus kabel internet IndiHome akibat renovasi rumah. Setelah menelepon petugas teknisi terkait, dalam hitungan puluhan menit, teknisi datang untuk memperbaikinya. 

Jika pelayanan perbaikan TelkomGroup untuk masalah kecil saja sudah sigap dan tanggap, saya yakin pasti untuk gangguan kali ini upaya dari TelkomGroup juga sigap, cepat dan tanggap.

"Lebih Baik Menyalakan Lilin daripada Mengutuk Kegelapan."

Saat ini daripada kita mengutuk kegelapan, lebih baik kita menyalakan lilin. Agar cahayanya menjadi terang. Hentikan saling hujat dan menyalahkan orang lain, mari bersama-sama mendoakan dan menyebarkan hal yang baik. Semoga TelkomGroup diberikan kemudahkan dalam menstabilkan kembali jaringan internet Indonesia!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun