internet menjadi primadona di rumah saya. Namun, minggu kemarin ada yang berbeda, saya merasakan adanya gangguan internet di rumah.Â
Hari minggu adalah hari di manaSetelah mencari informasi, ternyata IndiHome, provider internet di rumah saya sedang mengalami gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (Jasuka) pada ruas Batam - Pontianak. Inilah yang meyebabkan terjadinya gangguan layanan yang diberikan IndiHome dan Telkomsel sebagai produk dari Telkom Group di beberapa wilayah Indonesia.Â
TelkomGroup mengumumkan setelah melakukan identifikasi ternyata gangguan yang berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.
Telkom memiliki semboyan : Sigap, cepat dan tanggap hadapi segala tantangan dan rintangan. Para teknisi Telkom Group bergegas menuju lokasi kejadian.Â
Mereka segera melakukan perbaikan dan pemulihan kabel laut Jasuka pada ruas Batam-Pontianak dengan segala perlengkapan dan persiapan. Â Tentu usaha ini demi menghubungkan kembali infrastruktur jaringan internet yang menjadi hajat hidup orang banyak.
"Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari , Jawa, Kalimantan dan Papua serta mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, supaya layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala." Ujar Pujo Pramono- Vice President Corporate Communication Telkom.
Meskipun gangguan layanan terjadi di hari minggu bukan di hari kerja, para petugas tetap berusaha memperbaiki layanan agar normal seperti sediaka kala. Berkat kegigihan dan perjuangan para teknisi dan kerja sama dari berbagai pihak, selang sekitar tiga jam sejak kejadian, jaringan TelkomGroup berangsur kembali normal.
Saya teringat dengan kejadian yang dialami tetangga saya. Mereka mengalami putus kabel internet IndiHome akibat renovasi rumah. Setelah menelepon petugas teknisi terkait, dalam hitungan puluhan menit, teknisi datang untuk memperbaikinya.Â
Jika pelayanan perbaikan TelkomGroup untuk masalah kecil saja sudah sigap dan tanggap, saya yakin pasti untuk gangguan kali ini upaya dari TelkomGroup juga sigap, cepat dan tanggap.
"Lebih Baik Menyalakan Lilin daripada Mengutuk Kegelapan."
Saat ini daripada kita mengutuk kegelapan, lebih baik kita menyalakan lilin. Agar cahayanya menjadi terang. Hentikan saling hujat dan menyalahkan orang lain, mari bersama-sama mendoakan dan menyebarkan hal yang baik. Semoga TelkomGroup diberikan kemudahkan dalam menstabilkan kembali jaringan internet Indonesia!