Mohon tunggu...
Safira PutriHuriya
Safira PutriHuriya Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Junjung Gotong Royong, KKN UM Rutin Adakan Bersih Desa

12 Juli 2019   12:10 Diperbarui: 12 Juli 2019   12:15 0 0 0 Mohon Tunggu...

Gotong royong menjadi salah satu ciri khas yang sangat menonjol di desa Tulung, terlebih ketika kedatangan mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang. Untuk mendukung hal tersebut maka tim KKN UM mengusung program kerja bersih desa dengan berbagai rangkaian kegiatan. Setiap hari Jumat ti KKN bersama dengan warga desa membersihkan lingkungan di Dusun Dorokenong dan Dusun Tulung. "Ya, kami sengaja mengadakan bersih desa tujuannya agar kami dan warga desa semakin dekat. Selain bersih lingkungan, kami juga mengadakan kegiatan kebersihan yang lainnya," terang Yuanita selaku penanggung jawab program.

Dalam program kerja bersih desa, tim KKN juga mengadakan bersih makam yang ada di Dusun Tulung. Bersih makam ini sebenarnya tidak direncanakan, karena kondisi lingkungan makam yang ditumbuhi banyak rumput liar akhirnya dibersihkan. Selain itu, tim KKN juga mengajak warga desa untuk membuat plang untuk warga sekitar, bagi perangkat desa dan plang untuk masjid yang ada di Dusun Dorokenong.

Kegiatan lain yang dilakukan dalam program kerja ini yaitu pembuatan jembatan yang ada di Dusun Dorokenong. Pembuatan jembatan ini adalah permintaan dari warga desa setempat. Permintan ini atas dasar jembatan yang lama sempit sehingga sulit untuk akses jalan masuk kendaraan roda empat. Dalam pembuatan ini tim KKN UM juga dibantu oleh warga desa dan pemuda di lingkungan Tulung.

Adanya program ini sangat membantu warga desa setempat dan tim KKN, khususnya dalam bidang kekeluargaan. Bahkan sejak pembuatan jembatan dan plang hubungan tim KKN dan warga desa sangat dekat. Kebersamaan inilah yang sebenarnya diinginkan oleh tim KKN, sehingga jalinan persaudaraan terjalin dengan baik. Tidak hanya dengan warga desa setempat, tetapi hubungan yang baik juga mulai dijalin dengan perangkat-perangkat desa yang berada di Dusun Pilang.

Hingga hari terakhir gotong royong antara warga desa dan tim KKN UM semakin erat terjalin. Bahkan dalam acara penutupan KKN warga desa setempat bergotong royong untuk menyiapkan acara penutupan KKN. Gotong royong ini masih berlanjut ketika malam puncak penutupan hingga acara berakhir. Sehingga melalui program kerja ini tim KKN dapat semakin dekat dan berbaur dengan warga.