Mohon tunggu...
Arum Sato
Arum Sato Mohon Tunggu...

pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Artikel Utama

Roh Indonesia dengan Penyanyi Bali dalam Opera Eropa

18 April 2016   22:15 Diperbarui: 19 April 2016   10:34 411 5 2 Mohon Tunggu...

[caption caption="Tokoh utama sekaligus menjadi judul opera ini. Selama dua jam pertunjukan, Carmen berganti kostum tiga kali, menyesuaikan tiap scene yang ia perankan. Hal ini juga menunjukkan bagaimana petualangan Carmen dalam mencari cinta dan lelaki. Foto: setyaningrum."][/caption]Carmen. Opera klasik Eropa ini dipentaskan di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta, Sabtu-Minggu (16-17/4/2016). Bintang utamanya Heny Janawati, penyanyi Bali. Pentas gemerlap tersebut dimulai oleh Happy Salma.

Ini pentas pertama Carmen di Indonesia dengan 131 pemain orang Indonesia. Percakapan dan nyanyian seluruhnya menggunakan bahasa Perancis. Happy Salma sesekali menjembataninya dengan bahasa Indonesia. Opera Carmen ini telah menjadi salah satu jembatan yang mengantarkan negeri ini memasuki ranah global, melalui seni pertunjukan.

Pertunjukan opera Carmen ini melibatkan koor dalam jumlah besar, yaitu Batavia Madrigal Singers dan The Resonanz Children’s Choir. Pertunjukan berkualitas internasional ini dilengkapi pula dengan iringan musik Jakarta Concert Orchestra. Tiga lembaga musik ini di bawah pimpinan Avip Priatna, kerap memperoleh penghargaan tinggi di berbagai kompetisi paduan suara internasional.

“Pertunjukan opera Carmen ini merupakan bagian dari perayaan 20 tahun Batavia Madrigal Singers. Pada perayaan ke-10 kami menampilkan Opera Samson et Dalila karya Camille Saint-Saëns. Kami ingin menandai peristiwa-peristiwa penting dengan opera-opera besar,” ujar Avip Priatna pada konferensi pers 4 April 2016 lalu di Galeri Indonesia Kaya.

[caption caption="Pentas opera dunia ini, didukung oleh teknologi multimedia. Itu terlihat pada kolaborasi tarian, nyanyian, tata cahaya dan suara serta slight background yang dinamis. Foto: setyaningrum."]

[/caption]

[caption caption="Happy Salma menjembatani opera ini dengan menjadi penutur di sela pertunjukan. Foto: setyaningrum."]

[/caption]

Jatuh Cinta dan Tergila-gila

Opera Carmen mengisahkan tentang sosok pemuda, Don Jose, yang jatuh cinta dan tergila-gila dengan Carmen, gadis Gipsi yang sensual dan menggairahkan. Don Jose rela meninggalkan Micaela, gadis pemalu kekasih masa kecilnya, demi cintanya kepada Carmen.

[caption caption="Don Jose dan Zuniga, tentara yang tinggal di barak yang berada di seberang pabrik rokok di kota Seville. Foto: setyaningrum."]

[/caption]

[caption caption="Para tentara dan pekerja pabrik rokok di kota Seville. Ketika siang tiba, para tentara menunggu di pinggir lapangan dan menunggu para gadis pekerja untuk bernyanyi. Foto: setyaningrum."]

[/caption]Namun perbedaan latar belakang membuat hubungan Carmen dan Don Jose menjadi rumit. Don Jose adalah seorang pemuda pemalu yang menjadi tentara, yang hidup penuh dengan aturan. Ia tak bisa mengikuti gaya hidup Carmen sebagai kaum Gipsi. Don Jose pun tak menyukai cara Carmen ketika menghadapi lelaki lain. Sedangkan Carmen adalah seorang Gipsi yang tidak suka akan aturan, ikatan, cinta kebebasan dan senang petualangan. Carmen menganggap Don Jose posesif dan terlalu cemburu.

[caption caption="Micaela dan Don Jose. Micaela adalah kekasih masa kecil Don Jose. Foto: setyaningrum."]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x