Mohon tunggu...
Andriansyah Tirta
Andriansyah Tirta Mohon Tunggu... Lainnya - Team Supervisor Lapangan Surveyor

Seorang karyawan swasta di bagian Administrasi. Lahir di Jakarta, menjalani sebagian masa muda di Medan, dan menempuh kuliah di Yogyakarta di UNY.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Latihan Diri Itu Penting

11 Mei 2024   11:30 Diperbarui: 11 Mei 2024   11:37 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Di dalam pekerjaan,tidak ada tugas latihan yang akan seperti diberikan oleh guru di sekolahan. Karena di dunia kerja, apabila ada kesalahan yang kita lakukan entah itu dalam pencatatan keuangan, stok barang, pengerjaan lapangan, dan lain-lain, hal itu bisa berakibat fatal dengan jalannya perusahaan. Untuk itu sebagai karyawan, kita pasti dididik untuk jangan sampai melakukan kesalahan dalam sebuah pekerjaan yang akan diserahkan pada kita.

Jadi mungkin apabila kita sudah dalam fase untuk mencari penghidupan kita akan berorientasi untuk jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak perlu/berisiko karena akan berakibat kita akan kehabisan uang yang kita miliki hanya karena keinginan-keinginan yang tidak kita perlukan. Oleh karena itulah kita sebagai pekerja memang perlu memanajemen keuangan kita dengan baik.

Namun dalam hidup penting sekali bagi kita untuk dapat meningkatkan taraf hidup kita, yaitu dengan cara kita mengembangkan lagi kemampuan kita secara finansial maupun juga dengan keahlian-keahlian yang kita miliki ataupun belum kita miliki.

Apabila kita mulai untuk berhenti mengembangkan kemampuan kita, sering terjadi adalah kita akan merasa kita terjebak di situasi tersebut dan sulit untuk dapat naik ke tingkat hidup yang selanjutnya.

Yang sering terjadi adalah kita merasa kita perlu meningkatkan kehidupan kita namun kita juga seolah-olah tidak memiliki waktu, energi, ataupun kesempatan untuk dapat melakukan hal tersebut.

Oleh karena itu, sebelum kita bilang kita lebih memiliki waktu luang lebih supaya kita dapat fleksibel untuk melatihankan keahlian ataupun belajar lain ataupun kita tidak juga memiliki modal keuangan yang cukup untuk dapat membuka usaha, maka ada baiknya kita melatihankan diri ini supaya mampu mengimbangi segala kemajuan di dunia ini.


Ada 2 hal yang perlu diperhatikan dalam melatih diri ini supaya bisa mengikuti perkembangan jaman walaupun mungkin kita di usia yang bisa dibilang tidak lagi dibangku pendidikan namun tetap harus meningkatkan taraf kehidupan yang ada demi diri sendiri ataupun keluarga kita, yaitu ;

1. Jangan Ikut Perlombaan Dunia

Bagi kita yang hanya memiliki kemampuan pas-pasan ataupun modal yang pas-pasan, kita tidak akan mampu untuk mengikuti segala yang ada terjadi di dunia oleh karena itu sebaiknya kita yang perlu mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan-keinginan yang perlu dicapai untuk jangka waktu tertentu. Walaupun kita sadari keperluan dan keinginan itu juga bisa berubah sewaktu-waktu maka dengan selalu mengingatkan diri kita dapat memfokuskan diri ke mana dulu yang perlu menjadi prioritas dalam diri kita.

2. Berani untuk Bangun Jatuh dan Jatuh Bangun

Pada saat kita Mengusahakan sesuatu untuk hidup kita dipastikan ada cobaan dalam hidup yang harus kita lalui sebelum kita mencapai hasil yang kita harapkan maka selama hidup kita masih berusaha masih memperjuangkan sesuatu yang baik dalam hidup kita maka tidak boleh hilang rasa kepercayaan diri untuk dapat mendorong diri kita untuk bisa maju dan mau terus maju sampai di titik di mana kita mampukan sebaik mungkin sehingga apabila kita merasa terjatuh ke bawah atau terhambat dengan segala usaha yang ada kita harus mampu menjaga kepercayaan diri supaya dapat tetap membawa diri kita untuk dapat berusaha lebih baik dalam setiap kesempatan yang ada di dalam hidup ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun