Mohon tunggu...
Andriansyah Tirta
Andriansyah Tirta Mohon Tunggu... Lainnya - Team Supervisor Lapangan Surveyor

Seorang karyawan swasta di bagian Administrasi. Lahir di Jakarta, menjalani sebagian masa muda di Medan, dan menempuh kuliah di Yogyakarta di UNY.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Waspada Keangkuhan dalam Bekerja

4 Mei 2024   10:00 Diperbarui: 4 Mei 2024   10:06 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Di dalam tempat bekerja ada hal yang sangat perlu kita waspada yaitu apabila kita akan berhadapan dengan orang yang larut dalam kesombongan di tempat kerja atau kita sendiri yang sudah mulai diselimuti Keangkuhan itu sendiri.

Keangkuhan bisa terjadi apabila saat kita merasa kita yang lebih baik daripada yang lain, baik dari sisi jabatan, gaji, fasilitas, ataupun hal-hal lainnya yang bisa terjadi di tempat kerja di mana kita sedang bekerja.

Keangkuhan bisa juga semakin membesar apabila kita memperlakukan rekan kerja kita dengan tidak adil dan tidak ada yang berani untuk menegur kita atau sebaliknya apa bila ada rekan kerja yang merasa di atas yang lainnya bertindak semena-mena dan tidak ada yang berani untuk memberi tahu bahwa tindakannya salah.

Memanfaatkan fasilitas kantor secara tidak pada waktu dan tempatnya juga merupakan wujud kesombongan yang sebenarnya bisa terjadi karena orang yang diberikan fasilitas tersebut merasa itu sudah menjadi barang milik personal bukan lagi berupa fasilitas yang sebenarnya perlu dimanfaatkan untuk keperluan kantor.

Mencuri-curi di tempat pekerjaan mungkin berupa uang, waktu, ataupun wewenang yang tidak seharusnya maka hal itu tentu akan menjadi kebiasaan yang tidak baik. Dan hal ini sering menjadi pembenaran karena kita merasa yang paling benar akan tetapi hal itu sebenarnya hanya untuk memenuhi keinginan-keinginan kita yang egois.

Oleh karena itu, sifat yang angkuh atau sombong sangat tidak baik apabila kita praktekkan di kehidupan sehari-hari apalagi di tempat kita bekerja karena berpotensi untuk merugikan diri kita sendiri maupun orang lain. Sebaiknya kita bekerja dan berelasi dengan semestinya sehingga kita juga tidak akan kekurangan rejeki dan berkat.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun