Floyd Hedstrom
Floyd Hedstrom

Server pulsa bukanlah alat untuk membuat pulsa. Tetapi sebuah sistem yang terdiri atas seperangkat hardware dan software yang berfungi untuk memudahkan penjualan pulsa. Server Pulsa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Berbagai Macam Alat untuk Membuat Server Pulsa

10 Agustus 2018   19:31 Diperbarui: 10 Agustus 2018   19:43 306 0 0

Bisnis server pulsa bukanlah bisnis ecek-ecek atau abal-abal. Bisnis server pulsa memanglah sebuah bisnis yang sangat menggiurkan. Ada banyak cerita dimana orang sukses karena menjalankan bisnis server pulsa. Dan jika anda mendengar mengenai kegagalan server pulsa, maka telusuri juga apa penyebab kegagalannya.

Banyak server pulsa tumbang karena ketidak disiplininan sang owner. Perlu diketahui, bisnis server pulsa ini adalah bisnis memutar uang milik para agen/ penjual pulsa yang melakukan deposit saldo untuk penjualan pulsa. Disana, ada uang masuk, dan semakin banyak agen deposit, maka ada banyak uang yang masuk.

Wajib dipahami bahwa uang yang didepositkan agen ke server kita, bukanlah uang kita yang dapat diambil sewaktu-waktu untuk kepentingan pribadi. Ingat! Bukan uang kita. Tugas kita adalah memutar atau mensirkulasikan uang tersebut.

Darimana keuntungan yang bisa diperoleh? Prinsipnya , harga jual produk yang dilempar ke agen-agen harus lebih tinggi daripada harga modal pulsa. Dan disitulah ada selisih antara uang masuk dari agen dan uang yang dibelanjakan untuk modal. Didapatlah keuntungan dari bisnis server pulsa.

Nah, sebelum jauh kesana, ada baiknya mempelajari apa saja alat yang bisa untuk mendukung usaha server pulsa, berikut penjelasannya.

Untuk memulai usaha server pulsa atau bisnis server pulsa baik skala kecil maupun skala besar, maka anda harus mempersiapkan sebuah PC atau komputer. Komputer ini akan menjadi pusat sistem pengisian pulsa all operator. Dari dalam komputer tersebut, sebuah sistem pengisian pulsa bisa dijalankan dan berjalan secara otomatis. 

Alat -alat dan Perlengkapan untuk Server Pulsa

PC ( Personal Computer)

Biasanya, sistem server pulsa akan berjalan selama 24 jam. Itu artinya, komputer anda akan terus menyala sepanjang waktu. Disini, diperlukan sebuah PC yang tahan banting, anti lemot dan anti panas.

Untuk spesifikasi minimal, maka bisa menggunakan komputer berspesifikasi prosesor Core 2 Duo, RAM 2 GB. Untuk kapastitas HD tidak terlalu dipermasalahkan.

Beberapa server pulsa menggunakan PC khusus server yang berspesifikasi tinggi. Misal saja komputer berspesifikasi Xeon E3-1225, 8GB. Pelru diketahui juga, PC tersebut sangatlah kurang ramah dikantong.

Bagaimana dengan laptop? Secara spesifikasi dan prosesor, cukup mumpuni untuk digunakan sebagai server pulsa. Namun untuk urusan daya tahan, maka laptop bukanlah pilihan tepat. Laptop didesain untuk kepraktisan, bukan untuk daya tahan. Ada baiknya anda membaca mengenai spesifikasi komputer yang cocok untuk server pulsa.

Modem SMS

Selain komputer, perangkat lainnya adalah modem. Dan modem disini bukanlah modem stick, modem internet yang beredar dipasaran. Modem untuk server pulsa, adalah modem yang didesain khusus untuk mengirim SMS dan terima SMS dalam jumlah yang besar dan bahkan bertubi-tubi. Mengapa demikian?

Server pulsa yang sudah berjalan, akan selalu menerima SMS dari agen-agen yang terdaftar, mulai dari pengisian pulsa, cek saldo, cek harga produk atau info-info lain. Dan tentu saja, selain menerima SMS, maka modem ini juga bertugas membalas setiap pesan yang masuk. Bisa dibayangkan betapa sibuknya aktvitas pada modem tersebut.

Jika modem yang anda gunakan adalah modem SMS, maka tidak jadi masalah. Namun jika anda menggunakan modem stick biasa, maka akan cepat panas dan mengganggu kinerja. Beberapa modem SMS ini digunakan untuk perusahan untuk mengirim SMS dalam jumlah besar.

Dalam server pulsa, ada beberapa jenis modem SMS, mulai dari modem single ( modem satuan), modempool 4 port ( modem berisi 4 slot kartu), modempool 8 port ( modem yang berisi 8 slot kartu),  modempool 16, modempool 32 dan bahkan modempool 64. 

Perangkat Lunak ( Software)

Orang-orang lebih sering menggunakan istilah software daripada istilah perangkat lunak. Dan dalam sistem operasi sebuah server pulsa, diperlukan sebuah software khusus, yang biasa dikenal dengan istilah software isi ulang pulsa elektrik all operator. Di Indonesia, sampai saat ini ada banyak sekali pilihan merk software yang dikembangkan oleh masing-masing developer. Ada software isi pulsa yang murah, ada juga yang harganya sampai puluhan juta.

Perkembangan teknologi yang cepat dan pesat, sangat berpengaruh pada inovasi software pulsa. Jika diawal-awal tahun 2000an, pengisian pulsa dilakukan via SMS saja, maka saat ini ada banyak aplikasi untuk melakukan isi pulsa. Pengisian pulsa dilakukan via Whastapp, BBM, Telegram, Kongkow, Gtalk, dan bahkan via web online. Baru-baru ini, pengisian pulsa juga bisa dilakukan via aplikasi Android.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2