Mohon tunggu...
Seri Mulyana
Seri Mulyana Mohon Tunggu... Mahasiswa Aceh Tengah

Hidup hanya sekali, maka hiduplah yang berarti

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Beberapa Contoh Perbedaan antara Budaya Indonesia dengan Amerika

17 Mei 2021   18:09 Diperbarui: 17 Mei 2021   18:19 801 1 0 Mohon Tunggu...

Bedaan budaya dapat membingungkan setiap orang. Apalagi bagi para mahasiswa Asia yang kuliah ke Amerika Serikat, dimana terdapat perbedaan yang besar antara budaya barat dan timur. Akan tetapi, jika dipelajari dahulu, Anda bisa mepersiapkan diri untuk beradaptasi dengan kehidupan Amerika dengan lebih baik.

Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. 

Budaya Indonesia dapat juga diartikan bahwa Indonesia memiliki beragam suku bangsa dan budaya yang beragam seperti tarian daerah, pakaian adat, dan rumah adat. 

[1] Budaya Indonesia tidak hanya mencakup budaya asli bumiputera, tetapi juga mencakup budaya-budaya pribumi yang mendapat pengaruh budaya Tionghoa, Arab, India, dan Eropa.

Budaya warga Amerika meliputi tradisi dan adat istiadat di Amerika Serikat. "Budaya kita meliputi agama, makanan, pakaian yang kita pakai, bagaimana memakainya, bahasa kita, pernikahan, musik, kepercayaan kita terhadap apa yang benar atau salah, bagaimana kita duduk, bagaimana kita menyapa tamu, bagaimana kita memperlakukan orang-orang yang kita cintai, dan masih banyak hal lainnya," ujar Cristina De Rossi, seorang antropolog dari Barnet and Southgate College di London.

Amerika Serikat adalah negara terbesar ketiga di dunia dengan jumlah populasi lebih dari 325 juta jiwa. Secara lebih spesifik, seorang anak lahir setiap 8 detik, dan seseorang meninggal setiap 12 detik berdasarkan Biro Sensus Amerika Serikat.

Selain penduduk asli Amerika, imigran yang berasal dari beberapa negara juga berkontribusi pada jumlah populasi negara ini. Walaupun tindakan terbaru berupa penutupan perbatasan Amerika Serikat untuk imigran dan pengungsi baru telah dilakukan, setiap imigran baru datang ke Amerika setiap 33 detik, berdasarkan Biro Sensus. 

Hal ini menyebabkan Amerika Serikat menjadi salah satu negara dengan kebudayaan paling beragam di dunia. Hampir seluruh daerah di dunia telah mempengaruhi pembentukan budaya di Amerika, terutama Inggris yang menjajah negara ini pada awal 1600-an, selain budaya dari penduduk asli Amerika, Latin Amerika, Afrika, dan Asia. Amerika Serikat terkadang dikenal sebagai "tempat pencampuran" dimana perbedaan budaya menyumbangkan "cita rasa" nya. 

Hal yang sama juga berlaku pada budaya di berbagai negara, dimana budaya Amerika mempengaruhi budaya negara-negara tersebut.

Istilah budaya negara Barat sering merujuk ke budaya Amerika Serikat dan Eropa

Perbedaan budaya di Amerika dengan indonesia ada beberapa yaitu
1. Di lihat dari makanan pokok Indonesia dengan Amerika sangat jelas perbedaanny Indonesia makanan pokoknya nasi sedangkan Amerika lebih suka makan roti atau kentang sebagai makanan pokoknya.
2. Etika dalam bergaul di Amerika terlalu bebas, Di Indonesia selalu mengedepankan etika dan moral.
3.Di Indonesia banyak sekali masyarakat nya yang lalai sehingga sering di sebut kurang menghargai waktu sedangkan Amerika sangat menghargai waktu.
Mengenai budaya Indonesia dan Amerika,  indonesia dikenal dengan penduduk yg terlalu apresiatif yg di katakan apresiatif yakni Kurangnya kedisiplinan waktu dan lain sebagai nya  sedangkan Amerika orang yang sangat tertip dalam memproses pekerjaan apapun dan begitu juga menghargai waktunya
4. Di Amerika  negara yang bekerja dalam sektor swasta bukan negri.
Sedangkan di indonesia itu bersifat negri.
5. Perbedaan lainnya yaitu ndonesia memiliki aturan yang jelas mengenai seragam, dari mulai taman kanak-kanak bahkan hingga sekolah menengah atas. Sementara, sekolah di Amerika tidakt memiliki aturan mengenai seragam. Siswanya dibebaskan mengenakan pakaian apapun selama itu sopan dan rapih.
6. Di Amerika anak anak yang sudah beranjak dewasa di umur 18 tahun sudah diajarkan lebih mandiri seperti mereka dibebaskan dari rumah orang tuanya, remaja di Amerika di haruskan tinggal tidak bersama dengan orang tuanya sejak umur 18 tahun ke atas atau sejak mereka dewasa. Tujuannya adalah agar sang anak bisa mandiri dan lebih bertanggung jawab, budaya ini sangat berbeda dengan di Indonesia, di Indonesia anak dibolehkan menginggalkan rumah orang tua nya atau hidup di rumahnya sendiri setelah anak itu menikah.
7. Di indonseia  remaja yang sudah memasuki usia 20 tahun ke atas  biasanya akan sering ditanyakan  seputar kapan menikah oleh orang tua maupun kerabat-kerabat. Karena hal ini  dianggap  sesuatu yang wajib dan diidam idamkan semua orang. Sedangkan di Amerika pilihan menikah itu diserahkan kepada anak itu sendiri bahkan, mereka tetap dapat memiliki anak meskipun tidak menikah.  Dan disini juga sudah jelas antara gaya pergaulan dari anak-anak Indonesia dan Amerika saja sudah berbeda.
8. Dan Cara berpakaian Di amerika cenderung lebih kasual walaupun dilingkungan kampus sedangkan Di Indonesian selalu formal.
9. Perbedaan antar budaya di Amerika dan indonesia yang paling mencolok adalah yang pertama gaya hidup di sana, gaya hidup di Amerika cendrung bebas ,, dari dunia pendidikan murid dan guru disana tidak perlu merasa canggung langsung memanggil nama
10. Budaya kerja Amerika memang sangat berbeda dengan budaya kerja yang diterapkan di Indonesia. Jika budaya kerja Amerika bersifat individualis, sedangkan budaya kerja di Indonesia cenderung menerapkan sistem gotong royong atau teamwork. Walaupun begitu, jika kita sungguh-sungguh ingin bekerja di perusahaan Amerika, mau tidak mau kita harus beradaptasi dengan budaya kerja yang diterapkan. Maka, pelajarilah dengan sungguh-sungguh agar kita mudah beradaptasi dengan budaya kerja Amerika tersebut. Jangan sampai perbedaan budaya kerja menjadi kendala untuk kita membangun karir
11. Masakan Amerika dipengaruhi oleh orang-orang Eropa dan Amerika asli dalam sejarah awalnya. Hari ini, ada beberapa jumlah makanan yang dikenal berasal dari Amerika, seperti hamburger, hot dog, keripik kentang, makaroni dan keju, dan roti daging. Istilah "Apple pie seperti berasal dari Amerika" telah memiliki arti sesuatu berasal dari Amerika.
   
Perbedaan Budaya Indonesia Dengan Amerika

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN