Mohon tunggu...
Serafina Loveita
Serafina Loveita Mohon Tunggu... mahasiswa

Hi!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Analisis Kondisi Sosial, Penting Gak Sih?

23 Februari 2021   22:54 Diperbarui: 23 Februari 2021   23:51 30 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Analisis Kondisi Sosial, Penting Gak Sih?
social2-1-603531b5d541df3ea3690ba2.jpg

Sebagai manusia, tentu saja kita semua hidup berdampingan. Manusia dituntut untuk saling memahami kondisi sosial dalam aspek apapun satu dengan yang lainnya. Maka, perlu adanya analisis kondisi sosial ditengah kehidupan bermasyarakat, agar menciptakan keterikatan antara satu individu dengan individu lainnya. Dengan menganalisis kondisi sosial, manusia juga belajar menumbuhkan rasa simpati dan empati. Sudah tahu, kan bahwa analisis kondisi sosial itu penting? Maka, berikut adalah manfaat-manfaat dari menganalisis kondisi sosial!

1. Selektif dalam Lingkungan Sosial

Dengan menganalisa kondisi sosial disekitar, maka kita dapat mengetahui dan memutuskan baik-buruk dari lingkungan yang ada di sekitar kita. Dalyono (2005:133) mengatakan bahwa kondisi sosial adalah semua orang atau manusia lain yang mempengaruhi kita. Hal tersebut dapat diketahui secara langsung maupun tidak langsung. Jika secara langsung, diitunjukkan melalui lingkup keluarga, pertemanan sehari-hari, dan pekerjaan. Sedangkan secara tidak langsung dapat dilihat melalui media masa cetak maupun audio dan audio visual yang kemudian berpengaruh pada ativitas dalam masyarakat.

2. Perbaikan Aspek-Aspek Kehidupan

Melalui dilakukannya analisis kondisi sosial, manusia mengetahui caranya masing-masing untuk bertahan hidup dan melakukan yang terbaik untuk hidupnya. Misalnya,  bagaimana agar anak memiliki pendidikan yang baik, seperti harus disekolahkan dimana, atau harus sekolah yang berstandar cukup. 

3. Status Sosial

Status sosial berpengaruh dengan adanya kondisi sosial yang pasti dianalisis manusia. Dengan menganalisis kondisi sosial, manusia dapat menyesuaikan standar hidup sesuai dengan kemampuannya (khususnya pada aspek ekonomi). Status sosial melekat pada kehidupan sehari-hari dimana manusia memiliki kebiasaan hidup atau culture activity. Manfaat dari menganalisis kondisi sosial melalui status sosial adalah bahwa individu satu dengan lainnya dapat saling memahami faktor-faktor pembeda masing-masing kebudayaan yang dimiliki oleh individu. Hal ini masih terkait dengan selektif dalam lingkungan sosial. 

4. Mengetahui Orientasi ke Masa Depan

Dengan menganalisis kondisi sosial, seseorang dapat merencanakan masa depannya dengan menyesuaikan kondisi sosial pada saat ini. Maka dari itu, akan munculnya tinjau pratinjau, dari hal yang mungkin hingga yang tidak mungkin, yang kemudian terbukalah kesempatan baru untuk menemukan cara-cara baru manusia saling bersaing untuk mempertahankan kehidupan mereka. 

Daftar Pustaka

Juariyah, S., Basrowi. (2010). ANALISIS KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT DESA SRIGADING, KECAMATAN ABUHAN MARINGGAI, KABUPATEN LAMPUNG TIMUR, vol.7,no.1. Diakses pada 23 Februari 2021, dari file:///C:/Users/HP%2014%20Laptop%20Series/Downloads/577-1885-1-PB.pdf

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x