Mohon tunggu...
SEPTYA ADE
SEPTYA ADE Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Permainan Edukatif "Unggas Sanaya" (Ular Tangga sebagai Sarana Pengenalan Budaya Indonesia)

14 Mei 2022   11:04 Diperbarui: 14 Mei 2022   11:25 199 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Seberapa pentingkah mengenalkan budaya kepada siswa sekolah dasar? Apakah siswa sekolah dasar perlu mengenal budaya bangsa mereka? Jawabannya, pengenalan budaya-budaya bangsa kepada siswa yang masih bersekolah dasar merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan, pengenalan budaya dapat menumbuhkan kesadaran dalam diri mereka agar dapat lebih mencintai bangsa dan tanah air nya.

Kata budaya berasal dari Bahasa Sansekerta yakni "Buddhayah" yang merupakan bentuk jamak dari arti budi atau akal. Salah satu definisi yang inklusif di antaranya adalah definisi klasik yang dikemukakan oleh Sir Edward Burnett (1874) yang mengartikan budaya sebagai ''keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, keyakinan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan serta kebiasaan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat" (Reisinger, 2009).

Tujuan daripada mengenalkan budaya-budaya bangsa pada siswa sekolah dasar ini diantaranya yakni agar siswa dapat belajar menyesuaikan diri dengan budaya-budaya daerah yang ada mulai dari budaya daerah sendiri sampai budaya daerah-daerah lain. Dengan mengetahui budaya-budaya daerah, dapat menjadi bekal bagi siswa untuk saling berinteraksi dengan orang lain. 

Selain itu, mengenalkan budaya kepada siswa secara tidak langsung juga akan menumbuhkan kesadaran siswa untuk mencintai daerah dan bangsa atau negaranya. Serta, akan mengajarkan kepada mereka untuk saling bertoleransi terhadap perbedaan-perbedaan budaya yang ada.

Berdasarkan hal tersebut, sekelompok mahasiswa dari Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat tentang pentingnya pengenalan budaya Indonesia yang bertempat di SD Negeri 2 Karanganom, Desa Karanganom, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur pada hari Sabtu, 16 April 2022. Adapun mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 4 orang. 

Terdiri dari 3 mahasiswa dari Program Studi S1 Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA dan 1 mahasiswa dari Program Studi S1 Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengaktualisasikan materi perkuliahan PKn dan terlibat dalam upaya penyelesaian permasalahan kewarganegaraan di masyarakat yang diimplementasikan melalui pengenalan budaya Indonesia dengan memanfaatkan media belajar berupa permainan ular tangga "Unggas Sanaya". 

Dalam media belajar tersebut disediakan sebanyak 35 kotak yang bertuliskan 34 nama provinsi di Indonesia dan 1 tulisan finish yang digunakan sebagai penanda bahwa permainan berakhir. 

Sejumlah 42 siswa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mereka berasal dari dua rombel kelas yang berbeda, yaitu kelas 6A sejumlah 24 siswa dan kelas 6B sejumlah 18 siswa. Masing-masing kelas dibagi menjadi 6 kelompok, dimana kelas 6A terdiri dari empat siswa dan kelas 6B terdiri dari tiga siswa  pada tiap kelompoknya.

Permainan ini dilakukan dengan cara yang sama seperti permainan ular tangga pada umumnya. Yang membedakan adalah pionnya digantikan oleh siswa, kemudian ukuran ular tangganya dibuat lebih besar dari ukuran ular tangga pada umumnya, dan setelah siswa melempar dadu maka mereka harus menempati kotak sesuai dengan jumlah dadu yang diperoleh lalu akan mendapatkan pertanyaan terkait materi kebudayaan. Materi tersebut meliputi, makanan khas daerah, rumah adat, lagu daerah, tarian daerah dan ibu kota provinsi dari masing-masing provinsi di Indonesia.

Sebanyak tiga kelompok yang bisa mencapai kotak finish terlebih dahulu akan mendapatkan reward berupa hadiah utama, kemudian untuk kelompok lain yang belum bisa menyelesaikan permainan, juga diberi reward dalam bentuk lain sebagai wujud apresiasi atas partisipasi mereka dalam kegiatan tersebut. Untuk selengkapnya, kegiatan ini bisa dilihat pada video di bawah ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan