Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Akhlak Sejak Usia Dini

17 Mei 2018   14:58 Diperbarui: 17 Mei 2018   15:00 371 1 0

Pentingnya Pendidikan Akhlak Sejak Usia Dini Pendidikan akhlak sangat penting disaat seperti ini yang dimana zamannya dipenuhi dengan kemodernisasi. Semakin lama budaya makin berkembang dan menyerap budaya dari luar sehingga dapatnya terancam akhlak-akhlak yang masih murni. 

Budaya-budaya sosial mempunyai banyak contoh seperti; pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, durhaka kepada orang tua. contoh perbuatan tersebut yang dilakukan oleh banyak orang akibat tidak menyeleksi perbuatan-perbuatannya. Sehingga apabila tidak dapat memilah dapat mengakibatkan dari pengikisan nilai-nilai Islami dari banyaknya anak-anak yang jauh dari ajaran Islam. 

Anak-anak yang jauh dari ajaran Islam membuat pola pikir cenderung pada hal yang negatif. Sehingga menunjukkan perilaku yang tidak baik terhadap teman, keluarga dan lingkungan sekitarnya. 

Faktor yang menyebabkan anak kurang memiliki akhlak yang baik adalah kurangnya perhatian orang tua terhadap anak, sibuknya orang tua mencari nafkah. Mereka lupa dengan hakekatnya untuk memberikan pendidikan akhlak kepada anak dan kasih sayang, perhatian kepada anak. Sehingga sang anak kurang memiliki akhlak yang baik. 

Disini Peran keluarga sangatlah penting dalam membangun pendidikan akhlak sejak dini, agar tidak terjadi penyimpangan sosial terhadap anak. Sehingga anak dapat terhindar dari sifat tersebut. Dan membangun karakter anak kedalam akhlak yang diajarkan oleh ajaran agama Islam.

Anak adalah titipan dari Allah. Sesungguhnya Allah SWT telah mengkaruniai macam-macam amanah dan tanggung jawab yang diberikan kepada manusia. Seperti hal tersebut, kedua orang tua diwajibkan memberikan pendidikan yang benar dan ilmu yang bermanfaat terhadap anak. 

Hal tersebut ini merupakan penerapan dari firman Allah Ta'ala: . "Wahai orang-orang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu megerjakan apa yang diperintahkan" (QS. At-Tahrim:6). 

Bahwa pendidikan akhlak sejak usia dini merupakan pendidikan awal, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan yang lebih lanjut. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting, karena orang tua adalah pengenalan pertama tentang pendidikan. 

Pada masa usia dini anak harus memenuhi aspek-aspek perkembangan seperti moral, bahasa, kognitif, emosi, social, dan agama. Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, karena cara pola asuh mereka tidak sama. Risalah Hadist Nabi telah menjustifikasi akan pentingnya pendidikan anak usia dini. Dalam hadist diterangkan bahwa " Setiap anak dilahirkan atas fitrah, sehingga lancar lidahnya, maka orang tuanya yang menjadikan dia beragama Yahudi, Nasrani, atau Majusi.