Mohon tunggu...
Shinta Septin Aristha
Shinta Septin Aristha Mohon Tunggu... Mahasiswi IAIN Jember

Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dampak Pujian dari Guru

31 Maret 2020   11:20 Diperbarui: 10 April 2020   20:20 9 4 4 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Berbicara mengenai pujian adalah sebuah ungkapan yang diberikan kepada seseorang dengan tujuan untuk memberikan penghargaan atau menyenangkan hati seseorang. Setiap orang yang diberikan pujian pasti merasa bahagia atau merasa sebagai seseorang yang sangat spesial. Begitupun dengan seorang guru yang memberikan pujian pada peserta didiknya, pasti akan menimbulkan efek yang luar biasa. Bagaimana bisa? Iya tentu sangat bisa. Dampak merupakan sesuatu hal yang terjadi karena adanya sesuatu yang mempengaruhinya.

Melihat perkembangan zaman yang semakin tahun semakin berkualitas tinggi. Pujian dari seorang guru sangat diperlukan untuk meningkatkan rasa semangat belajar di dalam diri peserta didiknya. Pujian bisa diwujudkan dengan berbagai macam. Ada pujian sebagai bentuk kepintaran, pujian dalam bentuk kesopanan, serta pujian dalam bentuk penghargaan.

Seperti halnya pengalaman penulis, saat masih dibangku sekolah. Ada seorang guru yang mencoba membangkitkan semangat belajar siswanya dengan cara memberikan beberapa pujian. Akan tetapi, tidak semua siswa mendapatkan pujian hanya pada siswa tertentu saja. Pujian itu pun berdampak baik pada siswa tersebut, mereka jadi lebih fokus dalam bekajr. Dimana pada saat itu seorang guru mencoba untuk memuji siswanya dengan kalimat : siswa di kelas ini sangat rajin, disiplin dan menghormati setiap guru yang masuk di kelas ini. Maka dari itu kalian harus tetap bersikap seperti ini saat proses pembelajaran berlangsung. Dampaknya semua murid menjadi senang dan lebih semangat dalam belajar.

Dengan melihat anak-anak sekarang yang lebih banyak malas-malasan saat belajar serta kurang terlalu menghormati gurunya saat pembelajaran berlangsung. Hal seperti di atas dapat digunakan oleh seorang guru dalam meningkatkan semangat belajar dari peserta didiknya. Guru sudah pasti bisa menangani hal-hal seperti ini, mungkin memberikan pujian adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh beberapa guru dalam memfokuskan siswa dalam mata pelajaran yang sedang dipelajari.

VIDEO PILIHAN