Mohon tunggu...
Shinta Septin Aristha
Shinta Septin Aristha Mohon Tunggu... Mahasiswi IAIN Jember

Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Beberapa Metode dalam Pembelajaran

17 Maret 2020   21:25 Diperbarui: 17 Maret 2020   22:05 38 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa Metode dalam Pembelajaran
inshot-20200317-215128365-5e70e55ed541df6e4e1a4b83.jpg

Dalam menciptakan suatu pembelajaran yang efektif seorang guru harus mampu menciptakan komunikasi dalam pembelajaran, yaitu bagaimana menyampaikan pesan atau materi dan bagaimana mengembangkan dialog antara guru dan siswa secara efektif. Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan kepada siswa agar proses penyampaian materi dapat dipahami dengan jelas.

1. Metode ceramah

Metode ini banyak digunakan oleh kalangan guru, karena metode ini berbentuk penjelasan konsep, prinsip dan fakta. Akan tetapi ada beberapa kekurangan dari metode ini yaitu keberhasilan siswa tidak terukur, materi kurang terfokus, peran siswa dalam pembelajaran rendah.

2. Metode tanya jawab

Metode ini dapat digunakan oleh para guru sebagai bentuk penilaian kemajuan peserta didik, mereview kembali materi yang telah disampaikan dan memberi kesempatan pada siswa dalam berpendapat. Kelemahannya adalah dapat menimbulkan penyimpangan dari pokok persoalan.

3. Metode diskusi

Metode ini digunakan sebagai bentuk interaksi antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru yang tujuannya untuk memecahkan masalah atau memperdebatkan permasalahan tertentu. Akan tetapi metode ini tidak tepat digunakan pada tahap awal proses belajar bila siswa baru diperkenalkan dengan bahan pembelajaran baru.

4. Metode studi kasus

Metode ini berbentuk penjelasan tentang masalah, kejadian atau situasi tertentu, kemudian siswa ditugasi untuk mencari alternatif pemecahannya. Metode ini bertujuan untuk mengembangkan berpikir secara kritis dan menemukan situasi terhadap topik yang harus dipecahkan.

Dari beberapa metode diatas, yang lebih sering diterapkan oleh guru saat pembelajaran yaitu metode ceramah. Karena metode ini sangat mudah diaplikasikan dengan cara penjelasan materi dari guru tersebut. 

Akan tetapi, terkadang metode ceramah membuat para siswa merasa bosan. Tetapi pasti setiap metode ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

VIDEO PILIHAN