Mohon tunggu...
Septi Endah
Septi Endah Mohon Tunggu... Lainnya - ibu dari 2 anak

penikmat musik, film, masakan, dan buku

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mantapnya Rujak Soto Bangkalan Madura

29 November 2022   19:09 Diperbarui: 29 November 2022   19:24 1559
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selain bebek, nasi cumi , nasi babat, dan nasi jagung ternyata Madura juga punya kuliner unik yaitu rujak soto. Rujak soto Madura banyak terdapat di kabupaten Bangkalan. Bagi pencinta rujak soto, daerah Kebun kecamatan Kamal kabupaten Bangkalan merupakan tempat yang dituju. Disana berjajar beberapa warung rujak soto, antara lain  rujak soto bu Sugik, ada warung Naruto, dan ada warung apalah apalah. Pecinta rujak soto tinggal memilih yang mana sesuai seleranya.

Rujak soto Madura merupakan perpaduan dari rujak petis dan kuah soto daging. Rujak petis yang isiannya biasanya lontong, kangkung, taoge, tahu, dan tempe, kemudian disiram dengan bumbu petis. Setelah itu disiram dengan kuah soto daging, yang isiannya daging dan kadang kadang ada tambahan usus, dimana rujak soto dengan tambahan usus menjadi sangat diminati oleh pecinta soto rujak. 

Tak lupa diberi kucuran jeruk nipis, sehingga terasa sekali segar dan gurihnya soto rujak.

Untuk minumannya biasanya ditawarkan weddang kobbhu, bisa dingin ataupun panas. Wedang ataupun es kobbhu cocok sekali dipadankan dengan soto rujak.  Rasanya yang hangat, manis, segar karena terbuat dari jahe, kelapa muda,gula aren, serai, daun pandan, dan cincau hitam. 

Karena komposisinya, wedang atau es kobbhu ini sangat bermanfaat untuk tubuh. Rempah jahe, serai, dan daun pandan bagus untuk menghilangkan kadar lemak dalam darah.  Diharapkan tentunya   akan membantu menghilangkan lemak dari kuah soto dalam soto rujak. 

Begitu pula cincau dan kelapa muda yang berfungsi untuk membantu penurunan tekanan darah, sehingga bagi penderita darah tinggi, wajib meminumnya setelah makan soto rujak.  Tak lupa pula  gula aren,  karena kandungan glikemiknya dari gula pasir tentu wedang atau es kobbhu ini aman diminum penderita diabetes.

Nah tunggu apalagi, bagi pencinta kuliner jangan lupa kalau ke Bangkalan Madura cicipi ya soto rujang wedang atau es kobbhunya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun