Mohon tunggu...
Septi Audia Sukma
Septi Audia Sukma Mohon Tunggu... Membaca adalah kunci bagian informasi

Mahasiswa Universitas PGRI Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Antropologi

20 Juni 2021   23:05 Diperbarui: 20 Juni 2021   23:53 34 2 0 Mohon Tunggu...

Antropologi adalah ilmu tentang manusia. Manusia sendiri membutuhkan interaksi sesama makhluk hidup. Semua yang ada di dunia yang berkaitan dengan makhluk hidup pasti membutuhkan satu sama lain, maka dari itu kita sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna harus saling membantu sesama. 

Bukan hanya kepada manusia melainkan tumbuhan, hewan dan sebagainnya juga memerlukan kita. Selanjutnya bukan hanya itu juga untuk kita bisa saling menghargai saling bertoleransi soal agam, ras, suku, dan budaya itu juga wajib untuk di hormati dan saling menghormati satu sama lain. Karena, pada dasarnya kita hidup di dunia dengan berbagai macam budaya dan agama. 

Kita juga tidak boleh mengejek fisik sesama manusia karena dalam hal itu sudah sangat sensitif jika di bicarakan akan membuat sakit hati, jadi harus bisa lebih mengharga lagi bagaimana keadaan seseorang karna kita sendiri juga belum tentu bisa seperti mereka. 

Budaya-budaya jaman sekarang itu juga sudah sangat berbeda lebih tepatnya sudah berkembang, secara sosial sudah berkembang ke generasi-generasi selanjutnya. Hal tersebut juga ada sebagian yang baik tap juga ada hal buruk. Kenapa bisa dibilang buruk? 

Karena jaman sekarang sudah mengutakan handphone semua dari kalangan anak-anak sampe orang dewasa. Sebenarnya juga baik kita bisa berkembang seperti negara-negara lain tetapi, hal tersebut khususnya untuk anak kecil malah membuat semakin lupa akan belajar. Hampr semua anak kecil sekarang lebih fokus ke games semua itu juga tergantung orang tuanya tetapi yang namanya anak sekarang leih susah untuk di beritahu.

Banyak juga anak-anak kecil sekarang jika di ajak ngombrol lebih fokus ke handphone tidak mendengarkan apa yang dibicarakan, bukan anak kecil saja remaja beranjak ke dewasa sudah jarang yang bisa saling menghormati walaupun dengan cara hanya mendengarkan. Maka dari itu kita sebagai warga negara kesatuan harus lebih menjunjung adat saling menghormati dan bertoleransi. 

Kembali lagi ke keudayaan di negara kita banyak sekali macam-macam budaya di berbaga daerah jadi ketika kita bepergian atau liburan pasti akan keluar daerah dari daeah kita sendiri, kita harus saling menjaga kebudayaan mereka, saling menghormati, rasa itu harus tumbuh ada dalam diri kita karena untuk mempersatukan kebangsaan yang baik dan saling menyayangi. 

Kita sebagai generasi millenial harus bisa memberikan contoh-contoh yang baik agar generasi selanjutnya akan menjadi lebih baik lagi. Semua orang yang hidup di dunia tidak akan lepas dengan saling bertoleransi sebisa mungkin hal itu harus melekat di keidupan kita. 

Dalam keidupan pasti ada yang yang senang ada juga yang sedih jika teman atau kerabat yang sedang mendapatkan musibah kita sebaga saudara harus saling membantu dan bergotog royong dalam masalah aagr suatu masalah cepat selesai akan tetapi harus menggunakan kosa kata yang sopan agar tidak tersinggung atau marah. 

Karena kita sesama manusia hars saling tolong menolong dalam hal apapun itu. Dalam penjelasan antropologi di atas sudah sangat jelas jika untuk di pelajari tinggal bagaimananya kita untuk saling mengamalkna agar ilmu-ilmu tersebut berjalan dengan baik dan dapat di gunakan untuk saling bertoleransi atau menghormati. Karena sejujurnya ilmu-ilmu itu sudah baik tergantung kitanya mau mengamalkan dengan benar apa tidak jika tidak ada yang mengamalkan ilmu-ilmu maka generasi ke generasi bisa saja hancur begitu saja.

VIDEO PILIHAN