Mohon tunggu...
Septiani Lestari
Septiani Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Public Relations

https://www.linkedin.com/in/septiani-lestari-986154191/

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Dukung Ekonomi Kreatif Masyarakat, KKN Mahasiswa Universitas Budi Luhur Bantu Pembangunan Bank Sampah

10 Agustus 2022   01:04 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:17 256 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan pembukaan(Sumber: Dokumentasi Penulis)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang pelaksanaannya memadukan Tri Dharma pendidikan dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKN merupakan penerapan serta pengembangan ilmu teknologi yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu.

Dapat disimpulkan bahwa KKN adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen dan masyarakat.

Kegiatan KKN di Pinang Griya Permai dilaksanakan bersama Ibu Dr. Sri Rahayu, SE.,M.Si selaku dosen pembimbing dan 3 kelompok mahasiswa (K7, K8, K9) yang masing-masing beranggotakan 10 mahasiswa kelas karyawan. Adapun anggota kelompok K7 yaitu; Pramadita Solikhah (Ketua KKN), Asrori Nurrokhin (Wakil Ketua KKN), Nurul Aditia Putri (Sekretaris), Nova Angelina Aritonang (Bendahara), Septiani Lestari (Media Sosial & Publikasi), Endang Firdaus dan Anggi Purnawati (Kreatif Program), Muhammad Akbar dan Ramadhan Destyanta (Perlengkapan), dan Achnia Chairunisa (Dokumentasi). Setiap kelompok merupakan gabungan antar lintas fakultas, seperti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komunikasi & Desain Kreatif dan Fakultas Teknik Informasi.

Kelompok K7 melaksanakan KKN dengan tema ''Penghijauan Lingkungan di Area Bank Sampah Teratai Terpadu'' pada bulan Juni 2022 tepatnya di RW 05 Perumahan Pinang Griya Permai, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten.

Persiapan hari pertama(Sumber: Dokumentasi Penulis)
Persiapan hari pertama(Sumber: Dokumentasi Penulis)

Harapan dari pelaksanaan KKN ini adalah membantu masyarakat setempat dalam membangun sarana dan prasarana Bank Sampah agar menjadi program berkelanjutan yang tertata dengan baik sehingga dapat mendukung pengembangan ekonomi kreatif sekaligus sebagai rasa tanggung jawab masyarakat terhadap sampah yang telah dihasilkan.

Sesuai program kerja yang telah disepakati bersama, kami memulai kegiatan KKN pada hari Minggu, 05 Juni 2022 yang diawali dengan pembukaan dari MC, dosen pembimbing; Ibu Dr. Sri Rahayu, SE.,M.Si, Ketua RT 09/RW 05 beserta jajarannya, warga setempat, dan tentunya bersama dengan seluruh mahasiswa kelompok K7, K8, K9 Universitas Budi Luhur tahun 2022.

Kegiatan membersihkan lahan kosong(Sumber: Dokumentasi Penulis)
Kegiatan membersihkan lahan kosong(Sumber: Dokumentasi Penulis)

Pada minggu pertama, kelompok K7 mulai membersihkan lahan kosong yang terbengkalai untuk area penghijauan. Penghijauan sangat diperlukan di area perumahan atau pemukiman terutama yang rawan terkena bencana banjir. Manfaat yang akan diperoleh yaitu:

1. Sarana untuk melestarikan lingkungan, agar lingkungan kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan