Mohon tunggu...
Septia Dwi Ermaini
Septia Dwi Ermaini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Padang

Sebenarnya saya belum mengetahui hobi saya itu apa, tetapi saya lebih suka memasak dari pada kegaiatan lain dan juga saya juga suka mendengarkan musik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Mutu Departemen Pendidikan Luar Sekolah dalam Pendidikan Formal

23 Juli 2022   17:53 Diperbarui: 23 Juli 2022   18:24 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Peningkatan Mutu Departemen Pendidikan Luar Sekolah dalam Pendidikan Formal

Oleh:

Gugus Pink

( Departemen Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang )

 

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memperkenalkan pendidikan luar sekolah dalam pendidikan formal sebagai bekal untuk keterampilan karena mereka belum mengetahui apa itu pendidikan luar sekolah. Manfaat penulisan adalah dapat mengetahui bahwa pendidikan luar sekolah sebagai salah satu pendidikan yang ikut serta dalam pendidikan formal. 

Kata kunci : Pendidikan, Luar Sekolah.

 

Pendidikan luar sekolah ikut berperan dalam masyarakat termasuk juga dalam pendidikan formal. Banyak sudah yang dilakukan pendidikan luar sekolah dalam pendidikan formal. Untuk itu, dalam tulisan ini membahas konsep yang berkaitan dengan pendidikan luar sekolah dan . Dalam tulisan ini juga, konsep pendidikan luar sekolah mengenai, strategi pengembangan pendidikan luar sekolah, sistem pengembangan pendidikan luar sekolah, hubungan dengan peningakatn pendidikan luar sekolah. Coombs (Sudjana, 2004) mengatakan, Diklus, Volume 14, Nomor 1, Maret 2010 67 "pendidikan nonformal ialah setiap kegiatan terorganisasi dan sistematis, di luar sistem persekolahan yang mapan, dilakukan secara mandiri atau merupakan bagian penting dari kegiatan yang lebih luas, yang sengaja dilakukan untuk melayani peserta didik tertentu di dalam mencapai tujuan belajarnya".

Sistem pengembangan pendidikan luar sekolah dibuat dalam suatu model yang dikembangkan oleh Sudjana, bertujuan untuk meningkatkan dan memajukan pendidikan nonformal. Model tersebut terdiri dari komponenkomponen menurut Sudjana (2004), yaitu : pertama, masukan sarana (instrumental input), kedua; masukan mentah (raw input), ketiga; masukan lingkungan (environmental input), keempat; proses yang menyangkut interaksi antara masukan sarana, terutama pendidik dengan masukan mentah, kelima; keluaran (output), keenam; masukan lain, ketujuh; pengaruh (impact) yang menyangkut hasil yang telah dicapai oleh peserta didik dan lulusan. Pendapat Sudjana ini sangat sistematik dan bergerak untuk dilaksanakan secara teratur serta berurutan secara terus menerus.

Peningkatan pendidikan luar sekolah dengan salah satu cara untuk menggali suatu proses belajar dan berlatih secara sistematis untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menyiapkan diri untuk peranan dan tanggungjawab yang akan datang, dengan memaknai belajar mengetahui (learning to know), belajar berbuat (learning to do), belajar hidup bersama (learning to live together), dan belajar menjadi seseorang (learning to be) secara bersamaan dan berkesinambungan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun