Mohon tunggu...
Kang Nomo
Kang Nomo Mohon Tunggu... Irup Iku Urup

Jalanan mengajarkanmu arti kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Ingin Hidup Lebih Bermakna, Segera Temukan Hobi yang Tepat

17 Juni 2019   09:18 Diperbarui: 17 Juni 2019   09:52 0 2 0 Mohon Tunggu...
Ingin Hidup Lebih Bermakna, Segera Temukan Hobi yang Tepat
Ilustrasi/ inhilklik.com

Ibarat seduhan kopi, diperlukan takaran yang pas jika ingin mendapatkan rasa dan aroma yang tepat. Suhu air, kualitas roasting, hingga gula. Butuh keseimbangan untuk rasa dan aroma yang otentik. begitu juga dalam menjalani hidup, dibutuhkan keseimbangan jika ingin bahagia  dalam kondisi apapun.

Menjalani hobi merupaka salah kegiatan yang mampu menciptakan keseimbangan dalam hidup. Hobi mampu membantu anda melepaskan stres, membuat emosi semakin terkendali, hingga membangun relasi yang baik dengan sesama. Selain itu, hobi juga dapat membantu anda untuk mendapatkan pundi-pundi.

Akan tetapi bagi sebagian orang, menemukan,dan menjalankan hobi yang tepat bukanlah perkara mudah. Tidak jarang kita menemukan orang yang tidak mempunyai hobi. Atau ada sebagian dari mereka, dengan hobi tertentu tetapi ditak dapat menyalurkan sesuai passion. Justru stres dan kewalahan yang ditemukan dalam menjalani hari-hari.

Lantas apa itu Hobi? Hobi dapat didefeniskan kegiatan di luar rutinitas harian yang dilakukan dalam mengisi waktu luang, sifatnya lebih fun, atau kegiatan yang dilakukan mengembalikan semangat setelah disibukkan oleh rutintas.

Peneliti School of Medicine Temple University Philadelphia menyebutkan hobi dapat merangsang area otak yang disebut nucleus accumbens dan septal zone. 

Nucleus accumbens menghasilkan perasaan dan pikiran yang terkait pandangan hidup. Stimulasi positif dari daerah pusat, diproduksi saat melakukan hobi, memanggil perasaan positif.Menikmati aktivitas juga merangsang sel-sel di septal zone untuk menghasilkan perasaan senang, kebahagiaan, dan rasa puas.

Selain meningkatkan kreativitas dan menghasilkan suasana hati yang baik, hobi meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan fokus. Konsentrasi menghasilkan neurotransmitter yang menciptakan hormon untuk mempertahankan ketertarikan, fokus, dan memicu antusiasme.

Hobi yang tepat juga bisa mengurangi stres karena mampu mengurangi fokus pada rutinitas. Melibatkan diri dalam aktivitas yang menyenangkan mampu menghasilkan rasa percaya diri dan motivasi yang berdampak positif dalam kehidupan pribadi.

Lantas bagaimana menemukan hobi yang tepat? Meskipun terdengar sepele, tidak semua orang telah benar-benar menemukan hobinya. Jangan-jangan, ada merupakan salah satu yang belum mampu menemukan hobi atau kegemaran sesuai kepribadian?

Atau mungkin bosan dengan hobi lama, mencoba hal-hal baru dapat membantu anda menyegarkan kreativitas. Berikut cara yang dapat dilakukan jika ingi menemukan hobi yang cocok.

Bebaskan Diri Dari Rasa Takut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x