Mohon tunggu...
Seni Asiati
Seni Asiati Mohon Tunggu... Guru - Untuk direnungkan

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya menjadi kegiatan yang menghasilkan. Hasil yang paling utama adalah terus berliterasi menuangkan ide dan gagasan dalam sebuah tulisan. Selain itu dengan menulis rekam sejarah pun dimulai, ada warisan yang dapat kita banggakan pada anak cucu kita nantinya. Ayo, terus torehkan tinta untuk dikenang dan beroleh nilai ibadah yang tak putus.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Pendekatan dalam Pidato

2 Agustus 2021   09:49 Diperbarui: 2 Agustus 2021   09:56 1338 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pendekatan dalam Pidato
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Pendekatan memersuasi dalam pidato dapat dengan etika, emotif, dan logika. Setiap pendekatan memiliki ciri masing-masing.

Memersuasi dengan logika adalah ketika kalimat dalam pidato itu berdasarkan data dan fakta atau aktual dan dapat diterima akal serta pikiran. 

#Hari ini saja tercatat penambahan orang yang terpapar Corona menembus angka 3 juta jiwa. Angka yang melampai rekor dunia. Kini, Indonesia menjadi episentrum baru peneybaran Covid-19.

Contoh memersuasi dengan emosi yaitu dengan kalimat yang membangkitkan semangat untuk pendengar jika diperlukan beri penekanan apa yang harus dilakukan. 

#Kalian mau sakit? kalau pakai masker saja tidak mau, masih sering berkerumun. Apa belum cukup korban akibat Covid yang meramaikan pekuburan?

Contoh memersuasi dengan etika adalah dengan menyentuh perasaan atau simpati serta empati pendengar.

# Banyak cara menolong tetangga yang terpapar Covid-19, bukan menghindari tetapi memberi motivasi untuk cepat sehat. mengantarkan makanan, memberinya vitamin-vitamin yang dibutuhkan. Selalu berinteraksi walau lewat virtual.

Sebagai latihan. yuk kita identifikasikan tujuan, simpulan, dan pendekatan yang memersuasi etika, logika, emosi dari teks pidato berikut baik yang tersirat maupun yang tersurat!

Assalamualaikum.Wr.Wb

Yang terhormat, kepala SMP Bunda, yang saya hormati, bapak/ibu guru beserta staf dan terutama  adik-adik yang tetap bersemangat.

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas karunia-Nya kita dapat berkumpul bersama di tempat ini. Perkenalkan saya Natasha Salsabillah seorang siswa yang merasa bersyukur lahir di zaman milenial.  Hari ini saya akan berbicara mengenai pemanfaatan teknologi yang efektif. Mengapa penting dibicarakan? Karena kita tidak tahu apakah kita sudah memanfaatkan dengan bijak atau belum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN