Mohon tunggu...
Sendy Aditya Andira
Sendy Aditya Andira Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

senang membaca serta menerima kritik dan saran

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Organisasi dan Manfaatnya bagi Generasi Muda

6 November 2020   18:16 Diperbarui: 6 November 2020   18:38 2746 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Selama ini, pasti banyak dari kalian yang sering mendengar kata organisasi. Akan tetapi, tahukah kamu apa itu organisasi? Teori apa yang ada di dalamnya? Manfaat apa yang diperoleh dari berorganisasi? organisasi apa yang disarankan bagi generasi muda? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjawab pertanyaan tersebut dan menghilangkan rasa penasaran yang telah muncul.

Pengertian dari organisasi sendiri dapat diartikan sebagai perkumpulan dua atau lebih orang di dalam suatu wadah yang memiliki cita-cita serta tujuan yang sama untuk dicapai. Di dalam organisasi terdapat berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama untuk diraih bersama. Organisasi juga memiliki teori teori yang berkembang dari waktu ke waktu.

Teori organisasi terbagi menjadi tiga jenis, antara lain: Teori klasik, teori neo klasik, dan teori modern. Teori klasik disebut juga dengan teori tradisional. Teori organisasi klasik berkembang pada tahun 1800-an (abad ke-19). Teori ini memandang organisasi sebagai sesuatu yang menyerupai mesin, yang digerakkan oleh kontrol dan manajemen. Teori ini dianggap kuno dan kemudian tergantikan dengan teori neo klasik. Teori neo klasik berkembang atas dasar teori klasik. 

Teori neo klasik pada teori ini lebih dipusatkan pada hubungan antara manusia dengan manusia sehingga teori ini mendefinisikan bahwa organisasi adalah sekelompok orang yang memiliki satu tujuan. Yang terakhir adalah teori modern. Teori organisasi ini dikenal dengan teori yang dianut organisasi saat ini. Teori modern cenderung memandang organisasi sebagai sistem yang terbuka dan memiliki konsep yang jelas.

Banyak dari kita yang mungkin memiliki rasa malas untuk mengikuti sebuah organisasi, mulai dari yang beranggapan bahwa organisasi itu ribet, sibuk dengan tugas, serta menyita banyak waktu. Namun, di antara hal yang dianggap tidak nyaman, tahukah kamu bahwasanya berorganisasi memiliki banyak manfaat? Berikut beberapa manfaat dari berorganisasi:

  • Menambah pengetahuan dan wawasan
  • Menambah banyak relasi
  • Mengembangkan kemampuan public speaking
  • Melatih jiwa kepemimpinan

Setelah mengetahui manfaat berorganisasi, sekarang kamu dapat mengikuti organisasi. khususnya bagi kamu para mahasiswa. Organisasi yang dapat diikuti ada banyak sekali, mulai dari dalam kampus, maupun yang ada di luar kampus. Jika di dalam kampus, kamu dapat mengikuti kegiatan organisasi Badan Eksekutif  Mahasiswa atau (BEM), Himpunan Mahasiswa atau (HIMA), serta Unit Kegiatan Mahasiswa atau (UKM). Jika berada di luar kampus, kamu dapat mengikuti kegiatan organisasi-organisasi kemasyarakatan yang kamu inginkan.

Itulah hal yang dapat kita ketahui dari organisasi. Semoga hal ini dapat memberikan inspirasi maupun edukasi bagi teman-teman mahasiswa maupun yang lainnya. Tetap semangat dan jangan menyerah! Salam organisasi!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan