Mohon tunggu...
Andri Wicaksono
Andri Wicaksono Mohon Tunggu... Mahasiswa -

mahasiswa | Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Demam Game Mobile Legend

19 Februari 2018   21:27 Diperbarui: 19 Februari 2018   21:42 2072
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
mobile legend andri

Game yang satu ini memanglah game yang sedang populer dikalangan anak muda jaman now. Saya sendiri yang tinggal di Surabaya tiap ke warkop pasti ada saja sekumpulan anak muda yang lagi war mainin mobile legend (ML). Gak cuma di warkop, di kampus pun banyak temen saya yang juga memainkannya.

Di jurusan saya pun sampai di buat grup Line buat komunikasi kalau ada mabar. Saya pun ikut di invite, padahal ya saya juga sering main hehe. Tidak cukup sampai disitu, bocah-bocah yang masih bau kencur pun ikut main juga. Bapak-bapak ibu-ibu kakek om tante semua juga ikut main. Jadi, game ini telah mewabah di hampir semua kalangan.

Beberapa waktu lalu di dekat kosan saya, saya lihat sekumpulan anak kecil, anak-anak SD sedang asyik bermain peran. Ceritanya mereka sedang menirukan tokoh-tokoh dalam mobile legend. Ada yang jadi Alucard, lancelot, Rafaela, dan lain-lain. Mereka kaya main kejar-kejaran gitu terus ada satu orang kalo gak salah  jadi moderatornya, atau yang ngomongin "enemy has been slained, you have slained the enemy" dan kata-kata sejenisnya dalam game. Memang saya cuma melihat sekilas saja, tapi kayaknya seru juga tuh liat mereka begitu antusiasnya memerankan peran masing-masing.

Sebenarnya menurut saya ada berbagai hal positif dan negative yang bisa didapatkan dari game ini. Tidak hanya game ini sih. Berlaku juga buat game lain. Dan menurut saya lebih banyak dampak negatifnya daripada positifnya, karena untuk main satu match aja butuh waktu sekitar 15 sampai 30 menit.

Dan yang kita dapat cuma bintang dan battle point (BP). Dan kebanyakan orang gak mungkin main sekali saja, jika menang apalagi dapet mvp mereka pengin main lagi, apalagi kalau mabar sama orang yang jago, bisa numpang menang dengan mudah. Apalagi kalau kalah, pasti kita pengin main lagi tuh minimal sampai menang. Coba kalian hitung berapa menit waktumu terbuang hanya karena bintang dan BP.

Yang saya katakan diatas itu dampak negatifnya dari segi waktu. Kalau mau dipelajari lebih lanjut, ada dampak secara psikologis juga, dimana seseorang bisa gampang emosi, tidak peduli sekitar, dan bahkan bisa jadi membangkang sama orang tua. Naudzubillah. Terus gimana dong padahal saya sendiri juga ketagihan dengan game ini.

Sejauh ini sih saya masih aman lah, soalnya ada kegiatan lain diluar game ini, sebagai seorang mahasiswa minimal tugas kuliah yang seabrek bisa menghilangkan sebagian waktu yang tidak berguna yang "seharusnya" buat main ML diganti buat ngerjain tugas. Selain itu, saya juga punya beberapa hobi, entah itu bersepeda, renang, main ping-pong, baca buku, dll. Jadi saya cukup nyantai memainkan game ini tidak peduli menang kalah, statistic, mmr, dkk. Istilahnya nothing to lose lah.

Fyi, saya sudah memainkan game ini sekitar 3 bulan dengan gonta-ganti akun, soalnya saya main di tiga tempat, di android, ios, dan PC. Akun saya terakhir yang saya mainkan ini baru beberapa hari berjalan, dan masih bertahan di rank Epic. Nama akun saya emon.zaemon dan paling senang menggunakan hero lancelot. Sekian. yah, gak penting juga sih. 

Kalau kalian tahu, sebenarnya dari game ini juga bisa dijadiin duit lo. Kalian pasti pernah dengar jasa push rank, ataupun jual akun ML. nah ini adalah contoh yang kurang baik tapi menghasilkan duit. Yang lebih bagus lagi adalah jadi youtuber Mobile Legend kayak bang michaelsouw, rahmad, Patrick, team RRQ, dll. Yang gamer ML sejati pasti tahu lah nama-nama yang saya sebutin tadi. Jadi, mereka membuat game ML ini menjadi konten di channel youtube mereka.

Mereka cuma main dengan hero  tertentu, ngebacot sana-sini, edit sedikit, terus upload ke youtube. Dan itu banyak sekali yang nonton sampai puluhan bahkan ratusan ribu coba. Dan bagusnya, penghasilan mereka per bulan rata-rata bisa sampai puluhan juta lho. Gak percaya? Coba cek di socialblede.com disitu kita bisa melihat perkiraan penghasilan para youtuber. Kalau saya sih cuma ngarepin giveaway aja dari mereka. Fyi, saya bukan tipe orang yang ngabisin duit buat belli diamond, total saya cuma top up 3000 rupiah 2 kali buat dapetin hero Freya dan Nana. 3000 itu dapet 11 diamond, belinya di codashop.

Nah, dari penjelasan saya tadi masih banyak lagi beberapa hal menarik yang bisa dibahas dari game ML ini. Namun akan lebih baik bagi kita termasuk saya pribadi untuk mencoba secara perlahan-lahan mengurangi intensitas bermainnya. Yah, maksimal main game itu sekitar 3 jam lah. Kecuali kalau kamu seorang youtuber yang memang mengandalkan rejeki dari situ, ya sok lah main kapanpun monggo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun