Mohon tunggu...
Seminar Online PAUD
Seminar Online PAUD Mohon Tunggu... PGPAUD UNJ

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengabdian Masyarakat Dosen PG-PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta

8 Oktober 2020   14:44 Diperbarui: 8 Oktober 2020   14:54 17 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengabdian Masyarakat Dosen PG-PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta
Poster seri #9 (Dok. PG-PAUD FIP Universitas Negeri Jakarta)

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta mempersembahkan seminar online dengan tema "Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD dalam Mengelola Kegiatan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19". Seminar online yang dilaksanakan adalah bentuk pengabdian dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) kepada masyarakat dan melibatkan mahasiswa untuk mensukseskan kegiatan seminar online.

Pelaksanaan seminar online dilakukan melalui beberapa rangkaian seri yaitu dari seri 1 sampai dengan seri 9, yang dimulai dari tanggal 11 September 2020 dan berakhir pada tanggal  27 September 2020 yang diikuti oleh pendidik dan mahasiswa dari Sabang sampai Merauke.

Penyampaian materi oleh Dr. Nurbiana Dhieni M.Psi (Dokumentasi pribadi, hasil screenshot)
Penyampaian materi oleh Dr. Nurbiana Dhieni M.Psi (Dokumentasi pribadi, hasil screenshot)

Pada seminar online rangkaian akhir yaitu seri 9 pada hari Minggu, 27 September 2020 memiliki 2 sesi. Sesi 1 dimulai pada pukul 08.25 -- 09.25 WIB dengan pemateri  Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi dengan judul Implementasi Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini dalam Kondisi Pandemi Covid-19. Dari pemaparan materi beliau bahwa menurut Feldman "Apa yang anak dengar bisa anak katakan, apa yang anak bisa katakan anak bisa menulis dan apa yang anak tulis bisa anak baca" ujar bu Dhieni.

Jadi bila orang tua menginginkan anak bisa menulis tidak bisa lepas dengan aspek bahasa yang lain yaitu kemampuan mendengar, berbicara dan membaca. Dan agar anak dapat menulis beri kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan menggambar, karena tahapan menulis pada anak usia dini berawal dari menggambar, membuat coretan, membuat seperti huruf yang akhirnya sampai pada tahapan menulis lancar.

Penyampaian materi dari Lara Fridani, S.Psi., M.Psych., PhD (Dokumentasi pribadi, hasil screenshot)
Penyampaian materi dari Lara Fridani, S.Psi., M.Psych., PhD (Dokumentasi pribadi, hasil screenshot)

Penyampaian materi dari Dr. Sri Wulan, M.Si (Dokumentasi pribadi, hasil screenshot)
Penyampaian materi dari Dr. Sri Wulan, M.Si (Dokumentasi pribadi, hasil screenshot)

Seusai pemaparan materi dari bu Dhieni, disambung kembali pada pemaparan materi sesi 2 dimulai pada pukul 10.00 -- 11.00 WIB oleh Dr. Sri Wulan, M.Si dan Lara Fridani, S.Psi., M.Psych., PhD dengan materi Peran Orang Tua dalam Kesiapan Sekolah dan Program Transisi untuk Anak Usia Dini. Pemaparan materi 1 disampaikan oleh ibu Wulan, beliau menyampaikan bahwa kesiapan anak usia dini dalam memasuki SD dengan "Stimulus yes, diburu-buru no" kata bu Wulan, hal ini karena ritme perkembangan setiap anak berbeda-beda, sehingga tidak perlu terburu-buru menstimulasikan indikator perkembangan anak menuju SD. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi 2 disampaikan oleh bu Lara, yang mana beliau mengatakan bahwa guru dan orang tua harus bekerja sama dalam menyiapkan transisi anak usia dini dan melakukan persiapannya dengan cinta.

Setelah pemaparan materi selesai disampaikan oleh para narasumber, kegiatan selanjutnya adalah sesi tanya jawab dan pertanyaan telah dipilih sebelumnya oleh panitia melalui kolom chat zoom dan kolom komentar live streaming youtube. Karena waktu yang terbatas, hanya beberapa pertanyaan yang dijawab oleh narasumber secara langsung.

Dan pada sesi akhir terdapat sambutan penutup dari ibu Winda dan ibu Niken selaku koordinator kegiatan seminar online dan beliau mengucapkan terimakasih atas antusiasnya kepada peserta. "Terimakasih kepada peserta dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Bangka Belitung bahkan Papua yang mungkin maaf tidak bisa saya sebutkan satu persatu karena antusias sangat luar biasa, mudah-mudahan materi yang disampaikan sampai saat ini bisa menjadi inspirasi, motivasi dan segera bisa terimplementasi" ujar ibu Niken dan sambutan terakhir dari ibu Winda, beliau menuturkan bahwa "kita tidak boleh puas, karena dengan itu kita akan termotivasi untuk belajar lebih dan lebih lagi" tutur bu Winda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x