Mohon tunggu...
Seminar Online PAUD
Seminar Online PAUD Mohon Tunggu... PGPAUD UNJ

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengabdian Masyarakat Dosen PG PAUD UNJ Melalui Seminar Online

30 September 2020   10:44 Diperbarui: 30 September 2020   14:06 28 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengabdian Masyarakat Dosen PG PAUD UNJ Melalui Seminar Online
Poster Seminar Online PG PAUD Seri 7

Pandemi virus corona yang terjadi di tahun 2020 ini membuat banyak sektor terhenti termasuk dalam sektor pendidikan. Yang mana pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak banyak melakukan kegiatan diluar rumah dan mengarahkan masyarakat untuk mengalihkan aktivitas secara daring.

Oleh karena itu, prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta mempersembahkan Seminar Online dengan Tema “Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD dalam Mengelola Kegiatan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19”. Pelaksanaan Seminar online ini merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen PG PAUD UNJ yang melibatkan mahasiswa. Seminar online ini terdiri dari 9 seri yang diadakan setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Seminar ini dimulai dari tanggal 11 September 2020 dan berakhir tanggal  27 September 2020.

Pada tanggal 25 September 2020 merupakan rangkaian Seminar Online Seri 7 yang terdiri dari 2 sesi.  Sesi 1 dimulai pada pukul 08.30 sampai 10.30 WIB dengan materi sesi 1 yang berjudul “Pembelajaran STEAM Berbasis Media  Loose Part” dan materi sesi 2 dimulai pada pukul 10.30 sampai 11.30  yang berjudul “ Pembuatan Media Belajar PAUD Menggunakan Bahan Daur Ulang”. Narasumber Seminar Online pada seri 7 sesi 1 disampaikan oleh Bapak Dr. Hapidin, M.Pd dan pada sesi 2 disampaikan oleh Ibu Dr. Sri Wulan, M.Si


Penyampaian Materi oleh Dr. Sri Wulan, M. Si
Penyampaian Materi oleh Dr. Sri Wulan, M. Si

 Pembahasan dalam seminar online seri ke 7 Sesi 2 ini membahas tentang Pembuatan Media Belajar PAUD Menggunakan Bahan Daur Ulang. Narasumber yang akrab disapa Ibu Wulan ini menjelaskan hakikat media belajar dan juga daur ulang sisa konsumsi. Berdasarkan pemaparan materi bu Wulan, beliau mengatakan “Sampah-sampah yang bertumpuk membentuk sebuah gunung, akan tetapi bukan gunung yang indah melainkan gunung sampah yang tidak nyaman dipandang mata”  kata bu Wulan.

Selain itu, pada acara seminar online ini Ibu Wulan memberikan contoh media-media daur ulang yang bisa menjadi inspirasi peserta. Media ini dibuat oleh Ibu Wulan dan juga mahasiswa PGPAUD UNJ angkatan 2017 yang bernama Hima, Nada, Utari, Dian, Selva dan juga Zea. Ibu Wulan juga memberikan link setiap media dan mengaksesnya pada platform youtube sehingga memudahkan pendidik untuk belajar membuat media yang sesuai untuk anak usia dini. Dan yang paling penting adalah narasumber mengimbau agar pendidik tidak hanya membuang sampah sesuai jenisnya yaitu organik dan anorganik akan tetapi dapat melakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dan memiliki kesadaran untuk memilah serta mengolah sisa konsumsi dengan bijak.

Penyampaian penjelasan Teori 3R oleh Dr. Sri Wulan, M.Si
Penyampaian penjelasan Teori 3R oleh Dr. Sri Wulan, M.Si

Untuk membuat media seorang pendidik juga harus melihat kebersihan dari barang-barang/ sampah yang akan digunakan. Barang tersebut harus dibersihkan dengan Empty (kosongkan isinya), Clean (Cuci/Bersihkan dengan air/Sabun), dan Dry (keringkan).

Dan rangkaian terakhir dari materi Seminar Online Seri 7 ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Karena narasumber menyampaikan materi dengan menarik sehingga banyak peserta Seminar Online yang antusias mengajukan pertanyaan kepada Ibu Wulan akan tetapi karena keterbatasan waktu hanya 3 orang yang terpilih dan diberikan kesempatan untuk dijawab langsung oleh Ibu Wulan. Salah satu pertanyaan peserta Seminar online ini adalah “Pada saat pembelajaran jarak jauh seperti ini kami biasanya memberikan pembelajaran dengan menggunakan media yang ada disekitar anak-anak dirumah tapi ada beberapa wali murid yang keberatan dan lebih senang dengan kegiatan berupa LKA bagaimana cara kami menyikapinya?” Pertanyaan ini  diajukan ibu Saptarini Wuri Handayani dari TK Al Ul-Haq Bandar Lampung.

Alhamdulillah Seminar Online Seri 7 ini berjalan dengan baik dengan antusias peserta yang sangat luar biasa sehingga jumlah peserta Seminar Online kurang lebih mencapai  500 orang, baik dari room zoom meeting maupun live streaming youtube. Diharapkan Seminar Online Seri 7 ini dapat membantu para pendidik PAUD dalam pembuatan media yang akan diajarkan kepada anak usia dini.

VIDEO PILIHAN