Mohon tunggu...
Semesta Kasih
Semesta Kasih Mohon Tunggu... montir kata
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

montir kata

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Fokus Majukan Papua, Pemerintah Bangun 4 Bandara

15 Oktober 2019   19:43 Diperbarui: 15 Oktober 2019   19:47 24 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fokus Majukan Papua, Pemerintah Bangun 4 Bandara
dok.istimewa

Pemerintahan Presiden Joko Widodo memiliki perhatian khusus untuk terus membangun infrastruktur di Indonesia Timur, khususnya di Papua.

Hal ini penting mengingat infrastruktur berguna untuk membuka akses ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan fokus untuk mengembangkan empat bandara di Papua Barat. Keempat bandara tersebut yakni Bandara Rendani Manokwari, Bandara Siboru Fakfak, Bandara Raja Ampat dan Bandara Domine Edward Osok Sorong.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pembebasan lahan untuk pengembangan empat bandara di Papua Barat dipercepat.

Hal tersebut ia sampaikan usai mengadakan Rapat Koordinasi Pembangunan Infrastruktur Provinsi Papua Barat di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan.

Adapun target penyelesaian Bandara Raja Ampat pada 2020, Bandara Rendani Manokwari pada 2021 dan Bandara Siboru Fakfak pada 2023, sementara Bandara Sorong hanya tinggal melengkapi fasilitas garbarata dan memperpanjang runway.

Pembangunan infrastruktur tersebut diharapkan akan meningkatkan efisiensi logistik dengan murahnya biaya logistik, meningkatkan efisiensi transaksi barang dan jasa, serta mendorong keberhasilan produk nasional berdaya saing.

Pengembangan empat bandara di Papua Barat ini menjadi bukti dari komitmen Pemerintah untuk mewujudkan konektivitas nasional melalui percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh pelosok negeri, khususnya di desa, daerah pinggiran dan perbatasan.

Inilah usaha pemerintahan Presiden Jokowi untuk mewujudkan paradigma Indonesia-sentris, dimana pembangunan tak hanya terfokus di Jawa saja.

Sumber bacaan  

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x