Mohon tunggu...
Selvia Indrayani
Selvia Indrayani Mohon Tunggu... Guru, penulis, wirausaha, beauty consultant.

Selvia Indrayani merupakan salah seorang pengajar di salah satu sekolah di ibu kota. Kegemarannya memasak dan menulis ditekuni sejak masih muda. Berbagai hasil tulisannya dibukukan ke dalam antalogi cerpen dan antalogi puisi.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Cermat Berdonasi Online Tanpa Tertipu

6 Mei 2021   17:29 Diperbarui: 6 Mei 2021   18:08 360 4 0 Mohon Tunggu...

Kecanggihan teknologi dimanfaatkan untuk membantu kehidupan manusia. Sayangnya ada segelintir orang yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk hal-hal yang tidak terpuji. Misalnya saja dengan adanya penggalangan donasi online.

Sebagai makhluk sosial, manusia hidup berdampingan dengan orang lain. Saling membantu jika diperlukan. Kecanggihan teknologi memampukan kita membantu orang dengan jangkauan yang lebih jauh. Selain itu, penggalangan donasi online dapat mempercepat bantuan tiba di tangan yang membutuhkan.

Ada enam hal yang perlu dicermati dalam berdonasi online agar tidak tertipu:

1. Salurkan Pada Lembaga yang Sudah Dikenal

Tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan donasi memberikan kelegaan hati. Ada rasa bahagia karena dapat membantu sesama. Biasanya hal ini akan lebih mudah dilakukan jika telah mengenal lembaga yang menangani. Berdonasi secara online berkaitan dengan sebuah kepercayaan.

Kenali dahulu lembaga yang menjadi saluran donasi agar tidak mengalami rasa kecewa. Memiliki rekan atau kerabat yang berada di lembaga penyalur donasi dapat menjadi salah satu referensi. Andaikan tidak memiliki, kita bisa melakukan pengecekan melalui Google. Apakah lembaga tersebut memiliki alamat dan website yang jelas?

2. Jangan Mudah Percaya Cerita yang Dihadirkan

Empati dan simpati seringkali disalahgunakan dalam membuat penggalangan dana. Kehadiran cerita yang menggungah emosi pembaca, menjadi salah satu bagian dalam penggalangan dana. Sayangnya hal ini kadangkala disalahgunakan oleh sebagian orang yang tidak bertanggungjawab. Dengan latar belakang sakit, kecelakaan, operasi, dll.

Kenali betul narasi yang dihadirkan dengan mengecek kebenaran orang yang dihadirkan dalam cerita. Jangan sampai sikap dermawan disalahgunakan dan akhirnya kita menjadi korban penipuan.

3. Cek Rekening

Melakukan pengecekan rekening penyaluran dana membantu untuk memastikan kebenaran donasi online. Melalui situs CekRekening.id, terdapat dua fitur utama, yaitu pelaporan dan periksa rekening. Melalui situs ini, kita bisa melakukan pengecekan apakah nomor yang tertera bermasalah (terindikasi tindak pidana) atau tidak.

CekRekening.id-Cara melakukan pengecekan rekening
CekRekening.id-Cara melakukan pengecekan rekening

4. Minta Data Terbaru Penggalangan Donasi

Pembaharuan data untuk penggalangan donasi penting dilakukan. Para dermawan juga sebaiknya tidak segan untuk menanyakan terkait perkembangan dana. Pembaharuan data bisa berupa foto, video, atau laporan pemberian donasi. Dari sini kita bisa melihat, apakah penggalangan donasi benar atau tidak

5. Melakukan Pengecekan Media Sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN