Mohon tunggu...
Selvia Indrayani
Selvia Indrayani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis, wirausaha, beauty consultant.

Pengajar yang rindu belajar. Hanya gemar memasak suka-suka serta membukukan karya dalam berbagai antologi. Sesekali memberi edukasi perawatan diri terutama bagi wanita.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Puding Stroberi untuk Berbuka

17 April 2021   19:22 Diperbarui: 17 April 2021   19:26 1101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tanggal 17 April merupakan hari yang istimewa bagi anak saya. Tepat di hari ini, dia merayakan hari kelahirannya. Sudah menjadi tradisi keluarga kami jika setiap hari kelahiran disertai dengan ucapan syukur. Bukan untuk bersenang-senang, melainkan bagaimana memaknai kasih Allah dengan cara berbagi.

Tahun lalu dan tahun ini kami tidak mengundang teman atau kerabat untuk bersantap di rumah karena sedang bulan Ramadan. Pada tahun ini, kami memutuskan untuk berbagi ketika menjelang waktu berbuka.

Menu yang kami siapkan untuk hari ini ada nasi kuning dan berbagai lauk pauk. Ada pula kue sebagai pelengkapnya. Untuk takjil, kami menyiapkan puding stoberi. Menu takjil ini juga pilihan dari yang sedang berulang tahun. Menurutnya, rasa sroberi itu segar dan puding mengandung serat yang baik untuk tubuh.

Sebagai seorang ibu, saya merasa bahagia karena di usianya yang masih belia sudah mau berbagi dan belajar untuk mengambil keputusan. Menurut saya, pilihan puding memang tepat untuk berbuka.

Di hari ini saya mencoba berkreasi dengan puding. Ingin mencoba dengan cara yang berbeda dari yang biasa saya lakukan. Akhirnya saya mencoba menggunakan dua jenis agar-agar untuk membuat puding stoberi.


Bahan-bahan yang saya gunakan: 

  1.  Agar-agar Swallow plain (3 bungkus)
  2. Nutrijel strawberry (1 bungkus)
  3. Susu kental manis putih
  4. Garam (secukupnya)
  5. Gula (secukupnya
  6. Air

Bahan-bahan tersebut saya bagi menjadi dua bagian karena saya ingin membuat dua lapisan. Lapisan pertama berwarna putih susu dan memiliki rasa manis. Lapisan kedua berwarna bening dan memiliki rasa segar dan agak asam.

Pada lapisan pertama saya menggunakan 1 bungkus agar-agar Swallow dan 1 bungkus Nutrijell strawberry. Kedua bahan itu saya gunakan bersama dengan susu kental manis, gula dan garam secukupnya. Untuk takaran air saya mengikuti petunjuk yang terdapat pada kedua kemasan agar-agar. Semua bahan saya aduk menjadi satu dan saya pastikan sudah menyatu, baru dimasak di atas kompor.

Selama di kompor, sebaiknya agar-agar diaduk. Setelah matang dan agak dingin, saya masukkan ke dalam tempat puding kecil-kecil. Saya tuang satu persatu ke dalam wadah hingga habis.

Sambil menunggu agak dingin, saya memasak lapisan kedua. Untuk lapisan kedua, saya menggunakan dua bungkus agar-agar Swallow yang ditambahkan gula dan garam secukupnya. Air yang saya gunakan sesuai takaran yang terdapat pada bungkus agar-agar.

Setelah matang dan diangkat dari kompor, saya bubuhkan fruity acid dari Nutrijell. Saya memastikan dahulu bahwa lapisan pertama sudah agak mengeras supaya ketika lapisan kedua dituang tidak bercampur. Saat telah siap, saya tuangkan  agar-agar yang bening hingga habis. Hal terakhir ayang dilakukan adalah mempermanis puding dengan stroberi. Sebaiknya menunggu lapisan kedua agak mengeras supaya stroberi dapat diletakkan tepat di tengah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun