Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Setetes embun pagi

Bahagia berkarya dan berbagi sebagai wujud rasa syukur

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Sayur, Lebih Sehat Dijus atau Dimasak?

30 Juni 2021   20:25 Diperbarui: 30 Juni 2021   21:15 111 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sayur, Lebih Sehat Dijus atau Dimasak?
Ilustrasi jus buah dan sayur. (Sumber: Shutterstock via Limone.com)


Banyak ahli gizi menyarankan, pada saat pandemi ini kita harus mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, termasuk makan lebih banyak sayur dan buah.

Nah untuk anjuran makan sayur ini, saya termasuk orang yang tidak bisa makan sayur dalam jumlah banyak, rasanya agak eneg. Mungkin karena waktu kecil saya kurang terbiasa makan sayur, padahal saat itu suka memasak menu sayuran, seperti sayur bening bayam, sop, sayur asem dan lain-lain.

Suatu saat saya melihat kakak saya rajin posting jus sayur dan buah buatannya sendiri.

Saya tanya bagaimana rasanya, apakah langu atau pahit? Di luar dugaan kakak saya menjawab bahwa jus sayurnya itu rasanya segar, tidak langu dan tidak pahit.

Penasaran saya ingin mencoba. Kakak saya memberi tips resep sayur untuk pemula, campur sayur dengan buah-buahan seperti wortel, apel, nanas, pisang, air perasan jeruk nipis, atau tomat untuk menetralisir rasanya.

Lalu jangan takut untuk mencoba aneka sayur dan buah lainnya, sampai akhirnya nanti ketemu komposisi yang pas dan cocok bagi kita.

Padu padan sayur dan buah yang beraneka ragam bertujuan untuk memperkaya rasa dan bermanfaat bagi kesehatan.

Akhirnya saya mencoba membuat jus sayur yang terdiri dari sawi, tomat, wortel, dan apel.

Semua sayur dan buah itu saya cuci bersih, potong kecil lalu tambah air perasan jeruk nipis dan air matang, tanpa ditambah gula pasir, lalu diblender sampai halus. Oya saya juga menambahkan es batu supaya rasanya dingin segar.Tanpa disaring, jus itu langsung dituangkan ke dalam gelas dan segera saya minum. Hm ... ternyata kakak saya benar, rasanya segar manis.
Di hari yang lain saya mulai berani mencoba sayuran dan buah yang berbeda.

Nah dengan metode jus ini, sayur dan buah yang saya konsumsi jadi bertambah banyak. Tentu saja karena rasanya yang enak dan praktis tinggal diminum.

Namun sebenarnya sering terbersit pertanyaan dalam hati saya, apakah sayur yang dimakan mentah (seperti dijus) mempunyai kandungan gizi yang sama dengan yang diolah (dimasak) lebih dulu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x