Mohon tunggu...
Seliara (Retno Susilowati)
Seliara (Retno Susilowati) Mohon Tunggu... Setetes embun pagi

Hidup untuk memberi manfaat

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Alternatif Camilan Sehat dan Lezat!

22 Maret 2021   20:04 Diperbarui: 22 Maret 2021   20:13 102 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alternatif Camilan Sehat dan Lezat!
dok.seliara

Semua akan berolahraga pada waktunya!

Semua akan makan sehat pada saatnya!

Hehehe mungkin benar ya, suatu saat semua akan sadar akan arti pentingnya olah raga dan pola makan sehat!

Semoga kesadaran yang tak datang terlambat!

Ada kalanya karena alasan kesibukan dan kemudahan, kita kurang memperhatikan makanan kita, yang penting enak dan praktis. Apalagi di jaman yang serba online dan instan, memesan makanan sangatlah mudah dilakukan, tinggal membuka aplikasi, maka berbagai makanan lezat akan diantar ke rumah kita.

Kalau jaman saya kuliah dulu, mie instan menjadi andalan para mahasiswa. Mungkin sekarang peran mie instan sudah tergantikan dengan berbagai aplikasi memesan makanan secara online.

Saya pun pernah mengalami masa-masa itu, kurang peduli dengan makanan yang masuk ke perut setiap harinya. Meskipun lebih sering memasak makanan sendiri di rumah, tapi kerap berlebihan dalam pemakaian santan, garam, gula dan penyedap rasa. Apalagi saat itu saya juga senang membuat kue, yang pastinya banyak mengandung tepung, gula dan lemak. 

Dan hasilnya adalah anak-anak, saya dan suami semakin membesar dari waktu ke waktu. Badan terasa tidak nyaman, kualitas tidur buruk dan sering ngos-ngosan saat naik tangga. Saat cek kesehatan rutin, semua sudah mendekati angka tertinggi, termasuk BMI, duuh. 

Akhirnya kami sadar ada yang salah dan perlu segera diubah. Apalagi setelah melihat satu demi satu keluaga ataupun teman-teman yang menderita penyakit dan berkurang kualitas hidupnya, karena kurang memperhatikan pola makan dan kesehatan. Tentu kami tidak ingin seperti itu. Selagi masih ada waktu, kami harus segera mengubah kebiasaan salah yang sudah berlangsung lama.

Selain olah raga, pola makan adalah hal utama yang mesti dibenahi. Maka mulailah saya bereksperimen menyusun menu makanan dengan gizi seimbang, dengan porsi yang lebih kecil. Mengurangi konsumsi tepung, gula, lemak dan nasi. 

Mengurangi aneka cemilan dan lauk yang digoreng dengan cara terendam dalam minyak. Makanan dengan cara dikukus, dioven dan ditumis menjadi pilihan. Tentu bukan hal yang mudah. Dan jujur saya pun masih sering cheating pada saat-saat tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN